Darussalam, Antara Politik, Usaha, dan Sukses Lulus S-2

Senin, 19 Agustus 2024 10:59
H. Darussalam, SH, MH pakai jaket almamater bersama ketiga tim penguji S-2-nya (Foto Helo) Helo Lampung

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Bagi Darussalam, politik jalan terus, usaha setiap langkah, pendidikan selalu jadi perhatian. Dari kecil telah berjibaku turun dari kaki TNBBS Tanggamus, pria energik ini akhirnya sampai juga menyelesaikan strata duanya.

Kini, upahan pemanggul kopi ini mulai ramai gelar yang menempel di namanya: H. Darussalam, SH, MH. Dia sukses melibas setiap pertanyaan tiga penguji S-2 dari Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai (Saburai) sehari sebelum perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Dengan tesis berjudul "Analisis Yuridis Praperadilan Terhadap Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) pada Tindak Pidana Penipuan", penasehat Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Lampung ini berhasil membedahnya dengan lancar

Mantan Tenaga Ahli Pertanahan Polda Lampung Darussalam (2016) mengucapkan terima kasih kepada ketiga pembimbingnya yang telah mengantarkannya lulus strata duanya, yakni Dr. Idham, SH, MH; Dr. Dwi Putri Melati, SH, MH, dan Dr. Januri, SH, MH.

Tokoh masyarakat Batanghari Sembilan ini tak mudah sampai di titik pendidikan ini. Jika melihat jejak masa kecilnya, dia sendiri mengaku jauh dari bayangannya. Dapat gelar sarjana saja sudah luar biasa, tapi kini malah S-2.

Lahir dari keluarga petani di Kabupaten Tanggamus yang sejak kecil harus berjuang sendiri menaklukan kehidupan ini. Semua profesi telah dilaluinya, mulai dari upahan mangguk kopi hingga tukang becak.

Namun, optimistis dan semangat juang tak lelah, motto hidupnya yang akhirnya sampai juga. Selama hayat masih di kandung badan, dia akan terus mengasah ilmu lewat jalur formal. Termasuk Sang istri, dia mendukung penuh terus mengasah ilmunya. 

Sang istri, Elti Yunani juga baru saja menyelesaikan gelar doktor PhD (doctor of philosophy) di Asean University Internasional (AUI), Kuala Lumpur, Malaysia. Bahkan, dia mendapatkan penghargaan wisudawan terbaik.

Elti Yunani memperoleh gelar PhD setelah sidang terbuka dengan disertasi berjudul "Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Keluarga dan Anak", Jumat (5/7/2024), istri H. Darussalam, SH itu diwisuda pada Sabtu (6/7/2024).

Bravo. (HBM)

 - 

Berita Terkini

Si Bapak, Merdeka!

Peristiwa • 3 jam 15 menit lalu