Bupati Hafidz Terkesan Program di Rutan Kelas IIB Rembang, Ada Beawsiswa S1

Sabtu, 17 Agustus 2024 22:33
Ade
SIMBOLIS: Bupati Rembang H Abdul Hafidz menyerahkan secara simbolis berita acara pengurangan masa tahanan kepada dua warga binaan. Foto: Dok

REMBANG, HELOINDONESIA.COM -Tepat pada peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia,  94 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kelas IIB Rembang menerima remisi. Bupati Rembang H Abdul Hafidz menyerahkan secara simbolis berita acara pengurangan masa tahanan kepada 2 warga binaan.

Bupati Hafidz dalam kesempatan itu menyampaikan kekagumannya terhadap program- program dari Rutan Kelas II B Rembang. Mulai dari program keagamaan sampai dengan soft skill , dinilainya sangat bermanfaat bagi warga binaan.

"Inilah yang saya inginkan, bahwa di rutan ini mengutamakan pembinaan dan kekeluargaan. Jangan sampai warga binaan ini dimusuhi dan menjadi musuh para petugas di rutan, " ungkapnya.

Sementara itu , Kepala Rutan Kelas II B Rembang, Irwanto menuturkan di Rutan ada banyak program untuk warga binaan. Program pembinaan kemandirian seperti pembuatan sapu, keset , miniatur kapal, tas rajut, kerajinan jam dinding dari limbah, tempat korek api kayu. "Ada juga fasilitas taman baca.Ada juga beasiswa kuliah S1 bagi narapidana di Universitas Perwira Purbalingga, " imbuhnya.

Jasmani

Irwanto juga menyebut sejumlah program jasmani seperto senam SKJ, senam aerobik dan ada fasilitas catur, voli, tenis meja dan lainnya serta hadroh dan musik akustik.

Sedangkan dari 94 warga binaan yang mendapat remisi, ada dua warga binaan yang langsung bebas. Kedua WBP yang memperoleh remisi bebas tersebut berasal dari Kecamatan Rembang dan Kecamatan Kragan.

Sementara itu, 92 WBP lainnya mendapatkan remisi dengan pemotongan masa hukuman bervariasi, tergantung pada lamanya masa hukuman yang telah dijalani. (ADE)

Berita Terkini