Mbak Ita Undang Cicit Buyut Keluarga WR Soepratman, Antea Nyanyi Indonesia Raya

Sabtu, 17 Agustus 2024 21:11
Ade
KELUARGA: Cicit buyut keluarga Wage Rudolf (WR) Soepratman, Antea Putri Turk bersama Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Ada yang terasa istimewa dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia tingkat kota Semarang tahun ini. Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu secara khusus mengundang cicit buyut keluarga Wage Rudolf (WR) Soepratman, Antea Putri Turk dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-79 di Balai Kota Semarang, Sabtu (17/8/2024).

Dalam upacara tersebut, Antea Putri Turk hadir mengenakan kebaya merah dengan rambut bersanggul cantik. Ia membawakan lagu Indonesia Raya tiga Stanza dan Indonesia Tjantik yang diciptakan tahun 1924.

"Yang istimewa di HUT Kemerdekaan RI ini adalah hadirnya cicit buyut dari keluarga bapak WR Supratman, yang menciptakan lagu Indonesia Raya," ujar Mbak Ita, sapaan akrab Wali Kota Semarang.

Mbak Ita mengaku takjub dengan suara Antea yang dikumandangkan dalam upacara tersebut. "Ananda Antea ini tadi menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan tiga Stanza dan Indonesia Tjantik. Nyanyiannya diiringi paduan suara dari anak-anak muda dari Klenteng Tay Kak Sie yang menyanyikan lagu perjuangan," ujar dia.

Indonesia Raya

Menurut Mbak Ita, dengan kehadiran Antea menjadi penyemangat para muda-mudi dan masyarakat umumnya untuk terus mengumandangkan lagu Indonesia Raya di negara tercinta ini.

Dalam kesempatan peringatan kemerdekaan  tersebut, Mbak Ita mengajak masyarakat untuk ikut memaknai kemerdekaan dengan berjuang demi pembangunan Indonesia dan Kota Semarang khususnya.  "Kalau dulu, perjuangan dalam bentuk fisik, sekarang berjuang dengan program-program yang dinamis, seperti pengendalian inflasi, ketahanan pangan, penurunan stunting," jelasnya.

Menurut dia, Kota Semarang berhasil dengan baik dalam meningkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi atau LPE bahkan di atas Jawa Tengah. Tak hanya itu, Angka stunting dan kemiskinan mengalami penurunan.

"Alhamdulillah kemiskinan ekstrem di 2023 sudah zero. Tentunya harus ada inovasi-inovasi, baik dibidang ketahanan pangan kemudian ekonomi. Tentunya harus dinamis dan menyesuaikan dengan yang dikerjakan pemerintah pusat," imbuh dia.

Transisi

Saat ini, lanjut Mbak Ita, di masa transisi pemerintah yang baru terdapat salah satunya adalah program makan siang bergizi. "Kota Semarang ini juga melakukan inovasi-inovasi bagaimana untuk menghadapi program nanti ke depan. Kami melakukan program 'STROBERI' yaitu program pemberdayaan urban farming di dalam memenuhi makan siang bergizi dan mencegah obesitas," paparnya.

Tak hanya itu, di bidang infrastruktur dalam waktu dekat ini Pemkot Semarang akan melakukan MoU dengan PT KAI. "Saat ini di IKN kan sudah transportasi massal ada Autonomous Rail Rapid Transit (ART). Kami kemarin di IKN sudah diinstruksikan bapak Presiden untuk menggunakan ART dibanding MRT dan LRT karena mahal biayanya. Dengan ART bisa menjadi salah satu solusi terkait transportasi massal Kota Semarang," imbuhnya.

Selain itu, terkait pengelolaan sampah yang menjadi problem dunia, Kota Semarang akan melakukan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). "Saat ini KPBU sudah di Kementerian Keuangan. Mudah mudahan bisa segera terealisasi," sebut dia.

Dirinya mengakui masih ada PR (Pekerjaan Rumah) yang harus diselesaikan Pemkot Semarang, di antaranya yakni persoalan Banjir dan Rob. "Yang masih jadi PR pemerintah kota adalah mengenai banjir dan rob. Kami bertahap akan berupaya menyelesaikannya. Kalau masalah pemberdayaan masyarakat, kesejahteraan. Alhamdulillah kita tertinggi untuk laju pertumbuhan ekonomi," pungkasnya. (ADE)

Berita Terkini