Warga Binaan Rutan Rembang Siapkan Suvenir Keren di Momen Pemberian Remisi

Sabtu, 17 Agustus 2024 11:29
Kepala Rutan Kelas II B Rembang, Irwanto saat memperlihatkan salah satu kerajinan hasil karya binaan rutan

REMBANG, HELOINDONESIA.COM - Sebanyak 94 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Rembang, Jawa Tengah,  akan mendapatkan remisi tepat hari Sabtu, tanggal 17 Agustus 2024. Pada momen pemberian, para tamu undangan akan mendapatkan suvenir hasil karya warga binaan.

Sampai Jumat 16 Agustus 2024, sejumlah warga binaan masih mengerjakan suvenir tersebut. Souvenir itu berupa kerajinan jam dinding berbahan limbah kayu dan terlihat keren.

Kepala Rutan Kelas II B Rembang, Irwanto Dwi Yhana Putra menyampaikan  kayu yang dijadikan jam tersebut berasal dari limbah kayu mebel yang juga dibuat narapidana. Limbah kayu ini dijadikan satu bermacam bentuk.

Khusus yang diberikan untuk tamu undangan penerimaan remisi ini berbentuk cinta. Bentuk itu melambangkan cinta penghuni Rutan kepada bangsa dan negara.

"Ini bentuk kepedulian kami dalam memberikan pembinaan kemandirian kepada warga binaan. Ini berfungsi agar setelah menjalani pidana, mereka punya ketrampilan,  bisa membuat kerajinan dan dipasarkan , " tuturnya.

Salah satu warga binaan asal Kecamatan Rembang, disela-sela pembuataan kerajinan jam kayu di workshop Rutan kelas II B Rembang menambahkan pembuatan jam dari limbah kayu ini cukup mudah. Dalam dua hari , bisa menyelesaikan 5 unit jam kayu.

"Limbah kayu meubel kita potong kecil- kecil , terus dilem pakai poxi. Dua hari dapat lima lah, " ungkapnya.

Diakuinya pelatihan ketrampilan di dalam Rutan sangat bermanfaat bagi mereka. Selama ini dia diajari membuat kerajinan mebel, ngelas , membuat miniatur kapal sampai dengan sapu kelud. (Aji)

Berita Terkini