Ada Upacara HUT Kemerdekaan ke-79 RI, Lalin di Seputaran Simpanglima Dialihkan

Jumat, 16 Agustus 2024 22:19
Ade
REKAYASA: Pemkot Semarang dan Polrestabes Semarang melakukan rekayasa lalu lintas sehubungan dengan upacara HUT Kemerdekaan ke-79 RI. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Sehubungan dengan upacara peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan di Lapangan Simpang Lima Semarang,  Sabtu (17/8/2024) Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang bersama Satlantas Polrestabes Semarang akan melakukan pengalihan arus lalu lintas (lalin) di persimpangan yang ada di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang.

Arus dari Bangkong menuju Tugu Muda akan dialihkan di perempatan RRI. Sebaliknya, arus dari Tugu Muda menuju Bangkong akan dialihkan di simpang KFC Pandanaran dan di simpang Pandanaran I dan II. Arus dari Jalan Pangeran Diponegoro akan dialihkan di Rimba Graha dan air mancur Jalan Pahlawan.

“Pengalihan arus dimulai pada Sabtu (17/8/2028) pagi pukul 06.00 WIB sampai dengan 09.00 WIB untuk kegiatan pengibaran bendera. Kemudian sore hari kembali dilakukan pengalihan arus untuk upacara penurunan bendera pada pukul 16.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB,” terang Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Danang Kurniawan, Jum'at (16/8).

Adapun bagi peserta upacara maupun masyarakat yang ingin menyaksikan jalannya upacara dapat memarkirkan kendaraannya di kantong-kantong parkir yang telah disediakan yaitu di  Jalan A. Yani, Jalan Gajahmada, Jalan Pahlawan, Taman Indonesia Kaya, Jalan Airlangga, Jalan KH. AH. Dahlan, parkir Matahari, parkir Eks E Plaza, dan parkir Mall Ciputra.

Rekayasa

“Dimohon masyarakat memperhatikan rekayasa lalu lintas ini. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan dan menjaga ketertiban selama berkendara,” imbuh Danang. 

Di tingkat Kota Semarang, sebelum upacara bendera pada tanggal 17 Agustus, semalam (16/8/2024) digelar tirakatan. Sedangkan puncak perayaan kemerdekaan tahun ini akan dimeriahkan dengan Semarang Merdeka Flower Festival dengan rute dari Balai Kota menuju Simpanglima pada tanggal 24 Agustus.

Pada malam puncak juga digelar resepsi kenegaraan di Simpang Lima yang turut menampilkan pameran karya industri kreatif dari para wirausaha muda binaan Dinas Perindustrian.

Event Semarang Great Sale turut meramaikan peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengangkat tema “Merdeka Belanja”. Semargres akan berlangsung mulai tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2024. Selama sebulan penuh masyarakat bisa menikmati diskon belanja dan bekesempatan memenangkan undian hadiah yang menarik. Sebagai penutup peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, PHRI Vaganza akan menyuguhkan kompetisi memasak antar koki profesional. (ADE)

Berita Terkini