Tingkatkan Kompetensi Penyiaran, 25 Siswa SMK Magang di USM TV

Kamis, 15 Agustus 2024 17:19
Para siswa SMK dari Semarang dan Kudus melaksanakan program magang di USM TV

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Sebanyak 25 siswa dari berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jateng melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau magang di Universitas Semarang Televisi (USM TV) hingga Desember mendatang. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis di bidang penyiaran kepada para pelajar.

Ke-25 siswa tersebut terdiri dari SMKN 1 Kota Semarang sebanyak 9 orang, SMKN 10 sebanyak 7 orang, SMK Terang Bangsa sebanyak 6 orang dan SMK Muhammadiyah Kudus sebanyak 3 orang.

Baca juga: BPIP Ikuti Istana, Paskibraka Diizinkan Berjilbab saat Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur USM TV Saiful Hadi MKom saat memberikan pengarahan kepada siswa magang di studio USM TV Gedung Menara USM pada Rabu, 14 Agustus 2024.


“Para siswa ini magang dalam rangka meningkatkan kompetensi dibidang broadcasting, mereka magang kurang lebih selama 3-5 bulan tergantung dari kebijakan masing-masing sekolah. Selama magang mereka akan mendapatkan pengalaman praktik langsung mulai dari peliputan, editing video, news anchor, manajemen siaran, hingga membuat program acara TV,” ungkap Saiful Hadi.

Keterampilan Praktis

Harapan dari program PKL ini adalah agar para siswa dapat memperoleh keterampilan praktis yang berharga, memahami dinamika dunia penyiaran secara mendalam, dan siap menghadapi tantangan di industri media. Setelah menyelesaikan magang, diharapkan mereka dapat memanfaatkan pengalaman yang didapat untuk memperkuat kompetensi mereka dan membuka peluang karier yang lebih luas.

Baca juga: Sisca Meritania Satu-satunya Anggota DPRD Pendatang Baru di Fraksi Gerindra

Saiful menambahkan bahwa tujuan dari magang ini adalah untuk memperluas wawasan dan pengalaman para peserta PKL dengan memberikan mereka akses ke berbagai perspektif dan praktik terbaik di industri penyiaran. Kerjasama ini juga bertujuan untuk membangun jaringan profesional yang dapat bermanfaat bagi karier mereka di masa depan.

Selain kerja sama dengan berbagai SMK di Jawa Tengah, USM TV juga menjalin kerjasama dengan berbagai stasiun TV kampus dalam program berita dan riset antara lain UB TV (Universitas Brawijaya), DIVIA Unpad TV ( universitas Padjajaran) , Unhas TV (Universitas Hasanudin), Pattimura TV (Universitas Pattimura), Indonesiana Kemendikbudristek dan VoA. (Aji)

Berita Terkini

Demokrat Rekom Mirza-Jihan

Politik • 1 jam 30 menit lalu