Gara-gara Kebakaran Ilalang Kecelakaan Beruntun Terjadi di Tol Sumo KM 723 Mojokerto

Rabu, 14 Agustus 2024 14:02
Kecelakaan di ruas jalan tol akibat pembakaran lahan membuat jarak pandang pendek hingga menyebabkan 4 kendaraan tabrakan beruntun, Rabu (14/8/2024) tangkapan layar/ instagram

HELOINDONESIA.COM - Kecelakaan beruntun terjadi di Tol Sumo KM 723 Mojokerto, akibat terjadi akibat kebakaran di sekitar ruas jalan tol itu, Senin (13/8/2024) sekitar pukul 15.45 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu, namun setidaknya ada 5 orang mengalami luka ringan dan langsung mendapatkan perawatan medis di RS Pertokimia Gresik Driyorejo.

Asap pekat membuat situasi jalan gelap, hingga menyebabkan sejumlah kendaraan saling bertabrakan di tengah asap tebal yang menyelimuti jalan tol.

Setidaknya ada sebanyak 3-4 kendaraan saling bertabrakan karena pekatnya asap kebakaran sehingga menghalangi jarak pandangan.

Baca juga: Truk Tangki Terguling di Tengah Jalan, Tujuh Ton Minyak Goreng Curah Jadi Rebutan Warga Jetis Mojokerto

Tabrakan beruntun yang disebabkan kebakaran lahan di pinggir jalan masuk wilayah Desa Pasinan, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, menyebabkan tiga kendaraan saling bertabrakan.

Kendaraan yang berhasil dicatat antara lain adalah mobil Wuling S 1258 YB dikemudikan Lara Asih Mulya (38) warga Jombang dan Masbuchin (38) penumpang mobil.

Kemudian kendaraan Toyota Innova L 1390 CAS dikemudikan Tiyok Arifanto (47) warga Papar Kediri bersama empat penumpang lainnya.

Yan terakhir truk Box Mitsubishi L 8090 BG dikemudikan Ahmad Mares Susatyo (34) warga Asemrowo Surabaya.

Baca juga: Mobil Kijang Warga Pasuruan Terbakar di SPBU Bangsal Mojokerto, Bayangkan Kepanikan Warga

Menurut informasi yang diperoleh mengungkapkan, kecelakaan berawal mobil Wuling yang berada di depan melaju dari arah Surabaya atau dari timur ke arah Mojokerto.

Pengemudi mobil Wuling, Lara Asih Mulya membentur bagian belakang kendaraan truk diesel yang ada di depannya, truk yang tidak diketahui identitasnya itu terus melaju.

Mobil yang dikemudikan Lara Asih memang kurang memperhatikan arah mobil di depannya, akibat terjadinya asap tebal yang mengganggu jarak pandang Lara Asih.

Akibat benturan keras itulah kemudian dua mobil yang ada dibelakangnya saling membentur mobil yang ada di depannya.

Baca juga: Kecelakaan Dua Mobil Bea Cukai Kediri di Tol Jombang-Mojokerto Diduga Akibat Kejar-kejaran Dengan Pembawa Rokok Ilegal

Mobil Innova misalnya membentur bagian belakang Wuling, hingga mengalami kerusakan cukup parah, kemudian hal yang sama juga dialami mobil box truk Mitsubisi dibelakangnya.

Truk Box ini kemudian membentur mobil Innova yang di dalam terndapat 4 orang penumpang mengalami luka-luka ringan.

Sementara truk box mengalami kerusakan cukup parah di bagian depan sebelah kiri truk hingga seluruh kendaraan yang terlibat tabrakan tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Gresik Ipda Aswoko mengungkapkan jika semua korban luka-luka sudah mendapatkan perawatan medis di RS Petrokimia Driyorejo Gresik.

Baca juga: Mobil Sleep di Jalan Tol Jombang-Mojokerto, Dua Mobil Bea Cukai Kediri Terguling, Begini Nasib Penumpangnya

Terkait peristiwa itu Aswoko kemudian menghimbau kepada masyarakat sekitar jalan tol agar tidak membakar lahan sembarangan, karena bisa berakibat fatal terhadap pengendara.

Asap pembakaran bisa menuntup jarak pandang pengendara kendaraan yang melaju di jalan tol dengan kecepatan rata-rata tinggi.

Sementara para pengemudi juga dihimbau jika sudah terlihat asap menutup ruas jalan tol sebaiknya segera mengurangi kecepatan karena akan berbahaya jika jarak pandang pendek. **

Berita Terkini