Momentum Hari Jadi Provinsi dan HUT RI, Jateng Bikers Community Bagikan Sembako di Pekalongan

Minggu, 11 Agustus 2024 09:20
Sekda Pemprov Jateng Sumarno melepas pemotor JBT yang melakukan aksi sosial ke Kabupaten Pekalongan. Penyerahan sembako di balai desa Duwet Kecamatan Bojong, Pekalongan. Foto: Ist

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Mengambil momentum ikut merayakan Hari Jadi Jawa Tengah 2024 dan HUTke-79 RI, sekitar 60 pemotor anggota Jateng Bikers Community (JBT) berkolaborasi dengan dinas terkait di lingkungan Pemprov Jawa Tengah , melaksanakan aksi sosial berupa pemberian sembako di sejumlah desa di Kabupaten Pekalongan.

Rombongan pemotor JBT untuk aksi sosial ini dilepas secara resmi oleh Sekda Pemprov Jawa Tengah, Sumarno, di halaman kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Semarang, Sabtu 10 Agustus 2024.

Baca juga: Menikmati Keindahan Layang-layang di Langit Pantai Ketawang dalam PKF 2024

Dalam sambutannya, Sumarno menyatakan salut aksi sosial ini merupakan bentuk kepedulian dan empati para pemotor tergabung dalam JBT serta dinas terkait di lingkungan pemprov kepada keluarga tidak mampu.

Sumarno berharap agar di masa depan, aksi sosial semacam ini dapat dilakukan oleh anggota JBT secara mandiri yang didukung para sponsor dan donatur, dengan tanpa melibatkan lembaga atau dinas lainnya.

"Kami menyatakan salut atas kiprah para pemotor anggota JBT dan beberapa dinas di lingkungan pemprov Jateng sepertiDinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan, Baznas dan Inspektorat atas inisiatifnya sehingga memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat,'' beber Sumarno.

Sementara itu , Ketua Jateng Bikers Community April Sriwahono mengatakan pihaknya menyalurkan 1.400 paket sembako dengan melibatkan berbagai pihak. Bantuan sosial tersebut terdiri atas 500 paket sembako dari Baznas Jateng, 5 ton beras dari Dinas Ketahanan Pangan Jawa Tengah untuk 500 KK masing-masing Rp 10 kg beras.

Baca juga: Di Purbalingga Seorang Ayah Temukan Anaknya Meninggal Gantung Diri

Selanjutnya 300 paket makanan siap saji dan 320 paket makanan anak dari Dinas Sosial Jateng, serta 48 paket Kids Ware dan 100 paket sembako dari Inspektorat Wilayah.
Ringankan Beban
Menurut April , total nilai bantuan diperkirakan mencapai Rp 262.769.400. Paket sembako ini disalurkan ke masyarakat di empat desa di Kabupaten Pekalongan, masing masing di Desa Bojong Lor dan Duwet Kecamatan Bojong, serta Desa Gejlig dan Gandarum Kecamatan Kajen.

"Harapan kami bantuan ini dapat meringankan beban hidup masyarakat sebagai upaya pengentasan kemiskinan di Jawa Tengah,'' kata April yang juga pegawai Inpektorat Jawa Tengah.

Baca juga: Hiburan Seru di Waktu Luang, Main Biliar jadi Sasaran

Pada kesempatan tersebut Lurah Bojong Lor, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan,Agus Heriyanto menyatakan rasa senangnya atas bantuan sembako yang diterima oleh masyarakat kurang mampu di wilayahnya.
Dia berharap agar aksi sosial ini menjadi berkah bagi semua pihak yang terlibat.

Turut hadir dalam setiap penyerahan bantuan di setiap desa antara lain Inspektur Pembantu Bidang Pengawasan Khusus Anton Dwijo Putranto, Inspektur Pembantu Bidang Pengawasan Akuntabilitas Keuangan Daerah Soemarijono, serta pengurus Baznas Jawa Tengah. (Aji)

Berita Terkini