Karnaval Desa Penyangkringan Kendal, Warga Tampilkan Kreativitas dan Potensi Desa

Sabtu, 10 Agustus 2024 20:26
Para warga bergembira menampilkan potensi yang dimiliki dalam Karnaval Desa Penyangkringan. Foto-foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Beragam kesenian, budaya, adat istiadat hingga kreativitas ditampilkan warga Desa Penyangkringan, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, dalam acara Karnaval Desa Penyangkringan sebagai rangkaian peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Sabtu 10 Agustus 2024.

Karnaval yang digelar Pemerintah Desa Penyangkringan ini diikuti seluruh warga, RT, RW, satuan pendidikan, organisasi kemasyarakatan dan sejumlah lembaga lainnya. Dihadiri Camat Weleri, Dwi Cahyonk Suryo bersama jajaran Forkopimcam .

Karnaval diawali dengan iring-iringan Kepala Desa Penyangkringan, Aris Aris Supriyanto yang mengenakan baju adat Kalimantan bernuansa kuning dengan menunggang kuda bersama para perangkat Desa Penyangkringan yang juga mengenakan beragam busana adat dari Indonesia.

Karnaval yang mengambil rute dari Balai Desa Penyangkring menuju panggung kehormatan di depan Pasar Desa Penyangkringan Weleri ini mendapat antusiasme yang tinggi dari para warga yang menonton.
Menyatukan Elemen
Kades Penyangkringan, Aris Supriyanto mengatakan, karnaval dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ini bertujuan untuk menyatukan seluruh elemen masyarakat yang ada di Desa Penyangkringan untuk menampilkan seluruh kreativitas yang dimiliki.

"Selain itu kami juga ingin menunjukkan bahwa Desa Penyangkringan mampu menampilkan kemeriahan peringatan 17 Agustus dengan beragam kreativitas warga kepada desa lainnya," ujar Kades Penyangkringan.

Baca juga: Gebyar PKH Kecamatan Sayung 2024 Sukses Berdayakan Masyarakat

Ia mengaku bangga terhadap kreasi-kreasi yang ditampilkan warganya. Serta kekompakan warga Desa Penyangkringan dalam berkontribusi menyukseskan acara karnaval.

Di bagian lain Camat Weleri Dwi Cahyono Suryo menyatakan, mengapresiasi pelaksanaan karnaval dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Desa Penyangkringan. Dia menyebut tahun ini pemerintah kecamatan tidak menggelar acara karnaval seperti tahun sebelumnya.

"Tahun ini kecamatan tidak ada karnaval. Saya sangat mengapresiasi sekali karnaval di Penyangkringan ini tidak kalah dengan karnaval yang biasanya diselenggarakan kecamatan. Tadi beebagai potensi yang ada ditampilkan, aneka ragam busaya sitampilkan. Tadi totalitas sekali penampilan warga Penyangkringan, salut," tandas Camat Weleri.

Baca juga: Pemkot Kota Semarang Terima Kado Istimewa, Raih Lima Penghargaan Bergengsi

Ia berharap, melalui kegiatan dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ini bisa menjadi upaya menampilkan segala potensi di desa serta mendongkrak perekonomian di desa Penyangkringan.

Karnaval Desa Penyangkringan juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan drum band, marching band, drumblek, seni budaya barongan,barongsai dan lain sebagainya.(Anik)

Berita Terkini