Kunjungi Kantor PWI Jateng, Kombes Pol Artanto Sebut Peran Strategis Wartawan

Jumat, 9 Agustus 2024 19:02
Ade
KABID: Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Artanto SIK MSi dan Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS saat bertukar cinderamata bersama pengurus PWI Jateng lainnya. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Magnet keakraban, cair, dan rasa kekeluargaan sangat terasa ketika Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Artanto SIK MSi bersama tim bersilaturahmi dengan jajaran pengurus PWI Jawa Tengah, di Gedung Pers, Semarang, Jumat (9/8/2024).

Kombes Artanto yang mengemban jabatan baru sebagai kabid humas di Polda Jateng memang dikenal sebagai sosok familiar, dan tak menjaga jarak dengan insan pers. Maklum, sebelumnya lulusan Akpol 1994 itu, menempati posisi yang sama sebagai kabid humas di Polda NTB dan Kaltim.

''Bagi saya media dan wartawan adalah mitra yang punya peran strategis dalam membentuk opini masyarakat yang positif untuk melaksanakan tugas Polri. Kami dan PWI harus menjaga sinergitas ini,'' kata Artanto, didampingi Kasubid Penmas AKBP Eko Kurniawan.

Saat berkunjung ke Gedung Pers, Kombes Pol Artanto disambut Ketua PWI Tengah Amir Machmud NS bersama jajaran pengurus, diantaranya Ketua Dewan Kehormatan Provinsi Sri Mulyadi, Wakil Ketua PWI Bidang Pembelaan Wartawan Zainal Abidin Petir, Sekretaris Setiawan Hendra Kelana, Bendahara Zaenal Muttaqin, Ketua Badan Khusus UKW R Widiyartono, dan sejumlah pengurus.

Mitra

Kepada pengurus PWI, Artanto mengaku senang bisa bermitra dengan wartawan. Dia masih ingat ketika pertama kali mengemban tugas sebagai kabid humas Polda NTB. Saat itu ada kejadian seseorang yang hilang ingatan merangsak masuk ke polda dan buka baju sambil berteriak. Oleh aparat orang tersebut langsung diringkus.

''Setelah kejadian itu, ada wartawan yang bilang, Pak Kabid, bapak harus bikin rilis supaya informasi yang berkembang di masyarakat tidak menjadi liar. Nanti teman-teman saya kumpulin, bapak tinggal statement saja. Nah, di situ saya jadi paham  bagaimana humas harus bekerja,'' kenang polisi yang berlatar reserse itu.

Hal lain yang selalu bikin siaga namun disikapinya dengan perasaan senang hati, adalah kala musim Uji Kompetisi Wartawan (UKW) tiba. Pasalnya saat itulah dirinya harus  siaga untuk mengangkat ponsel, karena hal tersebut ternyata dijadikan sebagai mata uji.

 

''Sering itu wartawan minta, ''Pak kalau saya telpon hapenya diangkat ya. Tolong jawab ya Pak,''. Ya itulah mengapa saya harus dekat dengan wartawan,'' ujar mantan kapolres Aceh Tengah itu.

Pada kunjungannya, kepada insan pers, kabid humas juga berharap dukungan untuk menjaga kondusivitas di Jawa Tengah melalui pemberitaan yang informatif, edukatif, dan kondusif menjelang Pilkada 2024.

Demokrasi

Di bagian lain, Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS mengapresiasi kehadiran Tim Humas Polda Jateng yang dipimpin Kombes Pol Artanto dalam upaya  mempererat silaturahmi. Apalagi sebentar lagi ada perhelatan Pilkada 2024 yang diharapkan kedua belah pihak bersama-sama mengawal pesta demokrasi tetap damai.

Pertemuan pengurus PWI dan Humas Polda meskipun berlangsung singkat, namun memunculkan banyak gagasan yang nantinya bakal  dijadikan program bersama. (ADE)

Berita Terkini