Prodi S1 Teknik Sipil USM Gelar Sosialisasi Kurikulum OBE

Jumat, 9 Agustus 2024 05:42
Kegiatan sosialisasi Kurikulum OBE yang digelar Prodi S1 Teknik Sipil FT USM

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Semarang (FT USM) menyelenggarakan Sosialisasi Kurikulum Outcome Based Education (OBE) di Hotel Quest Semarang, pada Kams 8 Agustus 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri Dekan Fakultas Teknik USM, Dr Purwanto ST MT, Wakil Dekan I (Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni) FT USM, Ferry Firmawan ST MT PhD, Kajur Teknik Sipil merangkap Kaprog S-1 Teknik Sipil USM, Ngudi Hari Crista ST MT, Sekjur T. Sipil merangkap Sekprog S-1 Teknik Sipil, Trias Widorini ST MEng., segenap dosen dan alumni prodi S1-Teknik Sipil USM, serta perwakilan organisasi mahasiswa Teknik Sipil USM.

Baca juga: Viral, Postingan Andre Taulany Tentang Ular dan Topeng Sebelum Gugat Cerai, Apa Maknanya?

Dekan Fakultas Teknik USM, Dr Purwanto mengatakan, kurikulum OBE merupakan regulasi dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Teknik.

Dalam Kurikulum tersebut fokus utamanya pada outcome atau luaran, seberapa jauh capaian lulusan.

''Melalui Kurikulum OBE, dengan capaian lulusan, kita akan tahu mapping bahwa lulusan itu kerjanya dimana. Dari situ nanti mempermudah kita dalam menyusun kurikulumnya. Memang selama ini, kalau dilihat dari hasil tracer study, terutama lulusan Teknik Sipil USM banyak yang bekerja di bidang konstruksi yaitu sebagai kontraktor, konsultasi, maupun di instansi pemerintah, hingga dinas pekerjaan umum,'' katanya.

Menurut Purwanto, Kurikulum OBE akan diberlakukan mulai September 2024 mendatang.

''Tantangannya memang seperti bagaimana kita menpersiapkan mahasiswa bahwa pembelajaran tidak hanya terfokus pada teacher centered learning tapi juga student centered learning. Jadi bagaimana mahasiswa mengolah pemikirannya untuk membuat model dan tantangan baru yang diharapkan nanti ada luaran yang siap kerja, yang dimana dibutuhkan di masyarakat,'' tambahnya.

Terbaru

Hal senada diungkapkan Kajur Teknik Sipil merangkap Kaprog. S-1 Teknik Sipil USM, Ngudi Hari Crista ST MT. Menurutnya, Kurikulum OBE merupakan Kurikulum perubahan dan terbaru yang berbasis capaian pembelajaran.

''Jadi dari semua nanti baik pembelajaran maupun outcome-nya harus memenuhi capaian pembelajaran. Jadi evaluasi-evaluasi yang harus kita persiapkan ya mungkin dari mahasiswanya sendiri, dari dosennya, dan dari situlah kita melakukan pembelajaran yang disebut student centered,'' ungkapnya.

Baca juga: Bupati Mengajar di SMAN 1 Rembang, Siswa Diajak Pahami Wawasan Kebangsaan



Menurutnya, tujuan diberlakukan Kurikulum OBE nanti agar mahasiswa lebih aktif.

''Kami berharap, dengan menerapkan kurikulum OBE nanti dapat mengevaluasi dari hasil-hasil pembelajaran yang sesuai dengan luaran di lapangan.Pembelajarannya nanti mahasiswa lebih aktif karena kurikulum tersebut ada yang namanya mata kuliah perancang bangunan, perancangan gedung, sipil, perencanaan bangunan air, jadi dituntut bahwa luaran itu nantinya bisa digunakan untuk ke depannya,'' ujarnya. (Aji)

Berita Terkini