Bupati Mengajar di SMAN 1 Rembang, Siswa Diajak Pahami Wawasan Kebangsaan

Kamis, 8 Agustus 2024 21:21
Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Purbalingga, Suroto mengisi acara Bupati Mengajar di SMAN 1 Rembang. Foto: kminfo pbg

PURBALINGGA, HELOINDONESIA.COM - Program pendidikan bertajuk “Bupati Mengajar" menyambangi SMAN 1 Rembang, Purbalingga, pada Hari Kamis 8 Agustus 2024.

Di depan ratusan pelajar, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Purbalingga, Suroto, mengungkapkan pentingnya generasi muda dalam memahami wawasan kebangsaan dan Pancasila agar mereka bisa mencintai bangsa dan negara Republik Indonesia.

“Sebagai penerus bangsa harus betul-betul memahami 4 Pilar Kebangsaan yaitu ideologi Pancasila, semboyan bangsa Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945. Dengan memahami hal tersebut, maka akan tumbuh rasa cinta terhadap bangsa dan negara kita, Indonesia,'' ajaknya.

Baca juga: Paskibraka adalah Duta Bangsa di Mata Dunia

Sehingga nantinya, lanjutnya, para pemuda bisa menjadi garda terdepan yang menjaga NKRI dan ideologi bangsa yaitu Pancasila dan terhindar dari radikalisme yang berpotensi mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Punya Mimpi

Dalam kesempatan tersebut Ia juga memberikan motivasi kepada pelajar SMAN 1 Rembang untuk terus bersemangat dalam mengenyam pendidikan yang lebih baik. Ia meminta kepada pelajar SMAN 1 Rembang untuk tidak terburu-buru memikirkan menikah di usia muda, sebaliknya meminta pelajar yang hadir untuk memiliki mimpi yang tinggi serta mengisi masa muda dengan hal-hal yang penuh manfaat.

“Kalian harus punya mimpi. Kalian ini calon pemimpin bangsa, aset masa depan yang nantinya akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan bangsa, maka bermimpilah setinggi langit." tutupnya.

Baca juga: Peserta UKW PWI - Diskominfo Jateng 100 Persen Berkompeten, Amir Machmud: Bukan Akhir Kiprah Wartawan

Kepala SMAN 1 Rembang, Feriati, mengaku senang dan berharap Kegiatan Bupati Mengajar mampu memotivasi dan memperkuat wawasan kebangsaan para siswa bahkan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Terima kasih kepada Pemkab Purbalingga yang sudah hadir dan menginspirasi para siswa dalam Bupati Mengajar. Harapan besarnya bisa bermanfaat dan memotivasi semangat para siswa untuk menerapkan wawasan kebangsaan serta berpacu meraih prestasi ," tambahnya. (Aji)

Berita Terkini