Mobil Kijang Warga Pasuruan Terbakar di SPBU Bangsal Mojokerto, Bayangkan Kepanikan Warga

Kamis, 8 Agustus 2024 19:06
Mobil milik warga Pasuruan terbakar saat hendak mengisi bahan bakar di sebuah SPBU di Mojokerto, Kamis (8/8/2024). dokumen damkar mojokerto

HELOINDONESIA.COM - Kebaran mobil saat mengantre di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina Jl Raya Ngrowo, Kecamatan Basal, Kabupaten Mojokerto membuat panik warga di sekitar, Kamis (8/8/2024) siang.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang menimpa sebuah mobil Toyota Kijang S 1109 PE di SPBU Pertamina 54.613.11, namun membuat kepanikan para pengendara lain dan pemiliki SPBU.

Peristiwa yang terjadi sekitar 13:25 WIB itu milik Abdul Rahman, warga Desa Purwojati, Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan itu tiba mobil muncul percikan api dan dibareng letupan dari bawah kap mesin mobil.

Baca juga: Relawan Jetis Mojokerto ini Apes, Tewas Tertabrak Dua Kali, Pengendara Vario Melarikan Diri

Melihat peristiwa itu petugas dan warga berusaha melakukan pemadaman dengan alatan pemadan portabel APAR (Alat Pemadam Api Ringan), namun apai terus membesar.

Lantara kebakaran mobil Kijang tua ini tidak kunjung padam, petugas dan warga kemudian mendorong mobil untuk menjauhkan dengan pompa bensin SPBU.

Tidak lama kemudian petugas SPBU menghubungi BPBD Kabupaten Mojokerto, hingga akhirnya datang satu unite mobil pemadam kebakaran (Damkar), hingga akhirnya mobil berhasil di padamkan.

Petugas membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk menguasai api yang membakar mobil tua ini, sekitar pukul 13:50 api berhasil dipadamkan.

Baca juga: Kecelakaan Dua Mobil Bea Cukai Kediri di Tol Jombang-Mojokerto Diduga Akibat Kejar-kejaran Dengan Pembawa Rokok Ilegal

Pemilik mobil Kijang yang terbakar Abdul Rahman kepada wartawan di Mojokerto mengungkapkan tadinya dia bermaksut hendak mengisi bensin, namun bagian mobil meledak.

Abdul Rahman mengatakan tadinya dirinya datang dari Samsat hendak pulang ke Pasuruan kemudian mampir SPBU untuk mengisi bensin karena cadangan bensin sudah menipis.

Sementara menurut petugas SPBU, David Handoko menjelaskan tadinya pemilik mobil hendak mengatre untuk mengisi bensin.

Baca juga: Pohon Roboh Menimpa Mobil Innova yang Sedang Melaju di Kota Mojokerto, Beruntung Penumpang Selamat

Namun ketika mobil belum masuk pompa bensin, tiba tiba terlihat percikan api dari bawah mesin kemudian terdengar letupan, petugas pun kemudian mengentikan, dan menyemprot dengan APAR.

Namun sayangnya APAR yang disemprotkan ke bagian yang terbakar tidak mengatasi kemudian mobil di dorong menjatuh dari pompa SPBU, hingga akhirnya terbakar dan baru bisa padam setelah mobil dampar datang.

Baca juga: Inilah Daftar Korban Avanza Terguling-guling Masuk Jurang di Turunan Sendi, Pacet Mojokerto, Satu Tewas

Menurut petugas Komandan Regu Damkar BPBD Mojokerto menjelaskan dugaan sementara mobi mengalami korsleting perlistrikan di bagian mesin mobi, hingga muncul percikan api dan merembet ke bahan bakar, hingga akhirnya membakar seluruh bagian kendaraan.

Melihat situasi itu para petugas dan warga yang sedang mengantre lainnya panik, hingga melarikan diri ke tempat yang aman, kekhawatiran yang muncul kebakaran menyambar SPBU itu. **

Berita Terkini