IKAMM Pesbar Gelar Tabligh Akbar IPM 7

Selasa, 6 Agustus 2024 00:00
Pesbar Helo Lampung

LAMPUNG, HELOINDONESIA. COM -- Ikatan Mahasiswa Muslim Pesisir Barat (IKAMM PESBAR) Telah melaksanakan Tabligh Akbar yang diadakan di Masjid Babut Taqwa, Pekon Rawas, Kec. Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat kegiatan IPM atau IKAMM Pesbar Mengabdi ini sudah memasuki tahun ke-7 atau disebut IPM 7.0

"Kegiatan Tabligh Akbar bertujuan untuk menyampaikan risalah atau ajaran Allah dan Rasul kepada seluruh umat muslim l,"  kata Rhama selaku kepala Divisi PSDM IKAMM Pesbar 2024.pada acara pembukaan (04/08/24) dihadiri oleh, BKMT Kabupaten, BKMT Kecamatan Camat Pekon Rawas, dan Peratin Pekon Rawas.

Adapun tema yang dibawa "Sinergi Ilmu dan Amal dalam Kehidupan Pemuda Pesisir Barat Guna Menggapai Kesuksesan Dunia dan akherat)

Buya Yamin Majadi selaku kepala pimpinan Pondok Pesantren Maqwa menyampaikan pemateri untuk mengisi tabligh akbar.

"Ilmu dan amal harus berjalan seiringan dan cara agar mendapat ilmu yang bermanfaat adalah dengan bersungguh-sungguh dan ikhlas dalam karna Allah dalam menuntut ilmu" Ucap Buya Yamin Majdi dalam ceramahnya.

Dalam ceramahnya Buya Yamin Majdi menyampaikan tentang Kitab Ta‟lim al-Mutta‟allim. Kitab ini merupakan literature klasik yang membahas tentang etika belajar yang mengedepankan akhlak. Meskipun kecil dan judul yang seakan-akan hanya membahas metode belajar, sebenarnya kitab ini juga membahas tujuan, prinsip dan strategi belajar yang berdasar pada moral religius.

Ada 13 bab atau pasal yang menjadi pembahasan Buya Yamin Majdi dalam Tabligh Akbar Ikamm Pesbar 2024 ini, diantaranya
1. Hakikat ilmu dan keutamaannya
2. Niat ketika belajar
3. Memilih ilmu, guru, dan teman, serta keteguhan dalam menuntut ilmu
4. Menghormati ilmu dan ahlinya
5. Sungguh-sungguh, tekun, dan semangat
6. Tahap awal, ukuran, dan urutannya
7. Tawakal
8. Masa produktif
9. Kasih sayang dan nasihat
10. Mengambil faedah pelajaran
11. Bersikap wara' ketika belajar
12. Penyebab hafal dan lupa
13. Sesuatu yang mendatangkan dan menjauhkan rezeki, serta menambah dan memperpendek umur.

"Kegiatan IKAMM pada acara ini merupakan kolaborasi IKAMM Pesbar dengan BKMT Pesisir Barat, harapan semuanya bisa merangkul pemuda - pemudi Pesisir Barat untuk membangun peradaban sesuai dengan nilai-nilai keislaman" (Rls) 

 - 

Berita Terkini