Kebakaran di Ponpes Lirboyo Ternyata Menimpa Rumah Kasepuhan Almarhum KH Marzuqi Dahlan, Pengasuh Lirboyo

Senin, 5 Agustus 2024 18:43
Situasi kebakaran di salah satu rumah kasepuhan pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri, KH Marzuqi Dahlan yang sekarang didiami putra bungsunya, Gus Ahlis, Senin (5/8/2024) siang. tngkapan layar/ infokediri

HELOINDONESIA.COM - Kebakaran yang terjadi di lingkungan Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur menimbulkan kepanikan para santri, Senin (5/8/2024).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun banyak para santri yang dievakuasi meninggalkan lokasi sekitar kebakaran karena syok.

Kebakaran sendiri sebenarnya menimpa sebuah rumah KH Marzuqi Dahlan yang berada di lingkungan Ponpes Lirboyo Kediri.

Sejumlah mobil pemadam juga sudah dikerahkan dalam upayan pembasahan terhadap kebakaran yang terjadi.

Baca juga: ISMI Jatim Membangun Sinergi Investasi dengan Pemkab Trenggalek Menyambut Bandara Dhoho dan Tol Kediri - Tulungagung

Bahkan upaya pemadaman itu akhirnya berhasil memadamkan api yang membakar rumah di tengah-tengah Pondok Lirboyo itu kurang dari dua jam.

Peristiwa yang menimbulkan kepanikan ini terjadi sekitar pukul 12.00 WIB hingga akhirnya api bisa dipadamkan dua jam kemudian.

Seperti dalam unggahan video yang beredar kepulan asap membumbung tinggi menghebohkan warga yang menyaksikan peristiwa itu.

Bahkan tidak selang lama dari kejadian petugas Damkar dan abulans tiba di lokasi kebakaran, kemudian langsung melakukan upaya pemadaman.

Baca juga: Waspadai Kebakaran Hutan di Musim Kemarau yang Kering ini, di Ponorogo Enam Kejadian Kebakaran

Pengurus Ponpes Lirboyo, Husnudin Annur menjelaskan kebakaran menimpa satu rumah yang berada di dalam komplek Ponpes Lirbiyo, terjadi sekitar pukul 12:00 WIB kemudian berhasil dipadamkan dua jam kemudian.

Husnudin juga menjelaskan jika dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, namun beberapa santri dievakuasi meninggalkan kediamannya lantaran syok.

Para santri syok lantara tidak pernah mengalami situasi semacam itu, sehingga membuat panik, kemudian takut hingga akhirnya terjadi syok.

Baca juga: Logo Peringatan 100 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Rangkaian Acara Dimulai 27 September 2023

Sementara terkait terjadinya kebakaran di komplek Ponpes Lirboyo, Kota Kediri Husnudin tidak bisa menjelaskan karena belum mengetahuinya.

"Penyebab kebakaran belum diketahui, yang penting alhamdulillah para santri sudah dievakuasi dan tidak ada korban jiwa," jelasnya.

Namun dalam informasi terbaru kemungkinan kebakaran terjadi akibat korsleting listrik, hal itu dijelaskan KH Abdul Mu'id.

Baca juga: Kantin di Dalam Komplek Pondok Gontor Ponoro Terbakar, Dugaan Sementara ini Penyebabnya

Sementara rumah yang terbakar terjadi di salah satu rumah milik almarhum KH Marzuqi Dahlan salah satu pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo di Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

KH Abudl Mu'id dalam pesan pendeknnya kepada kompas.com mengatakan minta doanya ndalem (rumah) kasepuhan almarhum KH Marzuqi Dahlan yang terbakar.

Rumah dalem kasepuhan sendiri saat ini ditempati oleh Gus Ahlis yang merupakan putra bungsu KH Marzuqi Dahlan. **

Berita Terkini