Paskibraka Purbalingga Berlatih Intensif, Dikarantina dan Terima Materi dari BPIP

Senin, 5 Agustus 2024 14:43
Para anggota Paskibraka saat menjalani latihan di Alun-alun untuk persiapan Upacara Hari Kemerdekaan di Purbalingga. Foto: kominfo pbg

PURBALINGGA, HELOINDONESIA.COM - Pemusatan pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)yang bertugas di Upacara 17 Agustus 2024, sudah digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Purbalingga di Alun-alun.

Tim pelatih dari Kodim 0702/Purbalingga, Peltu Waluyo, menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 31 pelajar terpilih dari berbagai sekolah di Kabupaten Purbalingga yang telah melewati serangkaian seleksi ketat.

"Untuk Paskibra Kabupaten Purbalingga ini telah terpilih 31 siswa siswi SMA, SMK, MA se-Kabupaten Purbalingga yang merupakan putra putri terbaik," jelasnya di Purbalingga, Senin 5 Agustus 2024.

Baca juga: Bikin Heboh Bocah 9 Tahun Curi Mobil Rush dan Seruduk Banyak Kendaraan di Kemang

Latihan yang dimulai sejak 1 Agustus ini bertujuan untuk mempersiapkan para anggota Paskibraka dalam menjalankan tugas mulia mereka pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 pada 17 Agustus mendatang.

Latihan ini meliputi berbagai materi, mulai dari baris-berbaris, formasi pengibaran bendera, hingga penanaman nilai-nilai kebangsaan dan kedisiplinan. Pada latihan hari ke-5, Selasa (5/8/24), Peltu Waluyo menyampaikan bahwa kegiatan berjalan dengan baik dan lancar.

"Pemusatan pelatihan dimulai tanggal 1 Agustus di Alun-alun Purbalingga. Para peserta telah melewati berbagai gemblengan fisik, penguatan otot kaki, otot tangan, dan sebagainya. Diharapkan pada tanggal 17 Agustus, mereka bisa menjalankan tugas dengan baik dan sempurna tanpa hambatan," terangnya.

Dikarantina

Latihan akan berlangsung hingga 14 Agustus, dengan gladi kotor dan gladi bersih dijadwalkan pada 15 Agustus. Setelah itu, para peserta akan mengikuti karantina untuk menerima materi khusus yang diberikan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) kepada calon anggota Paskibraka seluruh Indonesia.

Baca juga: Marisa Putri Mahasiswi Cantik Penjemput Ajal IRT Riau, Ditetapkan Jadi Tersangka, Meminta Maaf dan Mengaku Sedang Dalam Kondisi Mabuk

Peltu Waluyo menambahkan, Kabupaten Purbalingga juga mengirimkan satu pelajar terpilih sebagai perwakilan untuk menjadi petugas pengibar bendera di Provinsi Jawa Tengah. Jibril, siswa dari SMAN 1 Bobotsari, terpilih mewakili Kabupaten Purbalingga.

Para peserta mengaku antusias dan bangga bisa menjadi bagian dari Paskibraka Kabupaten Purbalingga. Azkiya, siswi SMA Negeri 1 Purbalingga yang berada dalam formasi pasukan 8, mengungkapkan rasa syukurnya.

"Perasaan saya sangat senang dan bangga karena bisa terpilih menjadi Paskibraka Kabupaten Purbalingga. Pesan saya untuk adik-adik yang ingin menjadi Paskibraka adalah tetap semangat, terus belajar, jangan menyerah, latihan fisik serta pelajari lagi wawasan kebangsaan," katanya.

Bintang dari MAN Purbalingga juga mengungkapkan kebahagiaannya, " Untuk persiapan saya sudah mempersiapkan fisik, mental dan pikiran yang jernih. Perasaan saya sangat senang karena dapat terpilih menjadi Capaska 2024 karena bisa membanggakan diri, orang tua dan mengharumkan nama sekolah," ungkapnya. (Aji)

Berita Terkini