Tim Pengabdian Masyarakat USM Beri Pelatihan Penyusunan Profil Desa Sembojo dan Posong

Minggu, 4 Agustus 2024 20:35
Ade
Tim PkM USM berpose bersama peserta Pelatihan Penyusunan Profil Desa Sembojo dan Desa Posong

BATANG, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Penyusunan Profil Desa Sembojo dan Desa Posong, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, baru-baru ini.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Imam Rofi’i ST MT anggota Agnesia Putri K. ST MT, Agus Sarwo Edi S ST MT.

Kegiatan diikuti perwakilan dari Desa Sembojo dan Posong serta mahasiswa.

Baca juga: Dosen dan Staf FH USM Ikuti Workshop Kurikulum Berbasis OBE

Imam mengatakan, tujuan kegiatan untuk memberikan pelatihan dalam menyusun profil desa sesui dengan pedoman Permendes No 12 tahun 2017 tentang Penyusunan dan Pemberdayaan Data Profil Desa dan Kelurahan.

''Kami memberikan pemahaman dalam teknik pengumpulan data dan penyusunan data profil desa,'' katanya.

Dia berharap, melalui kegiatan ini Desa Sembojo dan Sesa Posong dapat menggunakan data profil desa untuk pengambilan keputusan dalam perencanaan maupun pembangunan desa.

Beberapa topik utama yang diangkat dalam kegiatan ini antara lain, bedah permendesa 12 tahun 2017, teknik survei primer dan sekunder, pelatihan dan pendampingan pengolahan data sampai dengan penyusunan buku profil desa.

''Kegiatan ini juga diisi dengan sesi tanya jawab dengan memberikan kesempatan bagi peserta untuk bertanya. Respons peserta positif. Hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan kepada narasumber,'' ujarnya. (ADE)

Berita Terkini