Polres Jombang Akhirnya Mengamankan 21 Remaja Dari Anggota Pencak Silat yang Dikira Geng Motor

Minggu, 4 Agustus 2024 19:53
Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi memberikan pengerahan kepada para pelaku konvoi yang meresahkan warga Jombang, Sabtu (3/8/2024) ig @wargajombang

HELOINDONESIA.COM - Polres Jombang, Jawa Timur akhir mengamankan puluhan remaja anggota pencak silat yang dikira geng motor melakun konvoi di jalan raya.

Setidaknya da sebanyak 21 orang yang diamankan oleh petugas dan mereka di amankan ketika melakukan aksinya di Desa Trawasan, Kecamatan Sumobito, yang menyebabkan warga resah.

Para pemuda itu melakukan aksinya dengan memakai atribut yang provokatif yang bisa menimbulkan kesehan dan memancing emosi massa.

Baca juga: Gerombolan Geng Motor Jombang di Antaranya Bersejata Celurit, Ditangkap Warga dan Polisi

Setelah diamankan di Mapolres Jombang, mereka mendapat pengarahan dari Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi di halaman Polres Jombang.

Kapolres mengatakan pada mulanya rombongan yang merupakan anggota salah satu perkumpulan pencak silat itu berkumpul di Stadion Merdeka Kota Jombang pada Sabtu (3/8/2024) malam.

Kemudian mereka saling menunggu teman-temannya berkumpul setelah mereka berkumpul mereka melakukan aksi konvoi dengan sepeda motor ke arah wilayah Sumobito.

Baca juga: Bocil Jombang Menangis Ditilang Polisi, Tak Mau Turun Dari Motornya, Motor Ditahan Anaknya Diantar Pulang

Selanjutnya sekitar pukul 23.15 WIB, rombongan pesilat ini memasuki permukiman penduduk Desa Trawasan, Kecamatan Sumobito sehingga membuat resah warga setempat.

Mereka juga menggunakan atribut bernada provokatif yang dapat memicu keributan antarpesilat di kawasan itu.

Warga yang merasa resah langsung melaporkannya ke Polres Jombang, hingga polisi dari Polsek Sumobito, Polsek Kesamben dan dibantu personel Polres Jombang mendatangi lokasi.

Baca juga: Pejabat Bupati Jombang Teguh Narutomo Ingatkan dari ASN Netral di Pilkada Hingga Sepulum Program Kerja

Saat itu juga, polisi langsung membubarkan konvoi dan mengamankan 21 anggota silat. Petugas juga mengamankan 15 sepeda motor yang digunakan konvoi para pesilat itu.

Para pelaku sebanyak 21 orang yang terdiri dari laki-laki sebanyak 16 orang dan perempuan sebanyak 5 orang.

Sepeda motor berjumlah 15 unit milik pelaku juga kita amankan.

Baca juga: Pj Bupati Jombang Sugiat Berpamitan, Penggantinya Sosok Pejabat Inspektorat Kemendagri Hari ini Dilantik di Grahadi

Saat ini, 21 pesilat dan kendaraannya sudah diamankan di Polres Jombang. Polisi juga telah melakukan pendataan dan akan memanggil orang tuanya.

Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi menyatakan akan menindak tegas para pihak yang menggangu kamtibmas di wilayah hukum Polres Jombang.

Namun pihaknya akan terlebih dulu mengedepankan edukasi kepada anak-anak Generasi Z sebelum menindaknya secara tegas. **

Berita Terkini