Semarak Muharram 1446 H di MAJT, Diramaikan Lomba Mewarnai dan Mujahadah Kubro

Minggu, 4 Agustus 2024 09:24
Anak-anak SD mengikuti lomba mewarnai koro pedang di area Masjid Agung Jawa Tengah, dalam rangkaian Semarak Muharram 1446 H.

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Seperti tradisi sebelumnya, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) selalu menyambut datangnya tahun baru hijriah dengan beragam rangkaian kegiatan.Tak terkecuali pada Tahun Baru Hijriah kali ini, MAJT mengadakan Semarak Muharram 1446 H.

Ketua Panitia Semarak Muharram 1446 H, Prof Dr KH Ahmad Izzuddin MAg mengatakan, kegiatan diawali dengan Doa Akhir dan Awal Tahun 1446 H pada Sabtu (6/7/2024) di ruang utama shalat MAJT.

Selanjutnya pada Selasa (16/7/2024) digelar Santunan Anak Yatim di Hari Asyura, yang setiap tahun rutin digawangi Pengajian Ibu-ibu Masjid Agung Jawa Tengah (PIMA JT) di bawah pimpinan Dr Hj Nur Kusuma Dewi Noor Achmad MSi.

Baca juga: Hasil Try In Bersama 6 Provinsi, Tim Panahan Jateng Optimistis Penuhi Target KONI di PON 2024

Rangkaian acara selanjutnya berlangsung pada Sabtu-Minggu (27-28/7/2024) dengan digelarnya Festival Koro Pedang.

Pada Sabtu (27/7/2024) digelar deklarasi sekaligus pengukuhan kepengurusan DPP serta beberapa DPW (Jateng, Jatim, Lampung, dan Maluku), serta 10 DPD (kabupaten/kota) Paguyuban Petani Koro Pedang Indonesia (PPKPI) oleh Ketua Dewan Pembina DPP PPKPI Letjen (Pur) Bibit Waluyo, di Aula Perpustakaan MAJT.

Dalam acara yang dihadiri Ketua PP MAJT Prof Dr KH Noor Achmad MA dan Sekretaris Drs KH Muhyiddin MAg itu juga digelar sarasehan serta pameran produk UMKM dari bahan dasar koro pedang.

Selanjutnya, Minggu (28/7) digelar Lomba Mewarnai tingkat SD se Jawa Tengah, serta Lomba Menanam Koro Pedang tingkat TK dan SD se Jawa Tengah di MAJT.

Muhajadah Kubro

Ahmad Izzuddin menambahkan, Semarak Murraham MAJT masih akan berlanjut Sabtu-Minggu (3-4/8/2024) dengan digelarnya Mujahadah Kubro 1.000 kali Asmaul Husna ke-22.

Kegiatan bekerja sama dengan majelis yang dipimpin KH Amdjad AH ini akan diikuti oleh jamaah mujahadah seluruh Indonesia.

Baca juga: Peraturan Pencak Silat Berubah, IPSI Rembang Gelar Pelatihan Pelatih dan Wasit Juri

Semarak Muharram 1446 H MAJT juga bekerja sama dengan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Tengah, dibungkus dalam kemasan Festival Jateng Syariah (Fajar), Kamis-Minggu (8-11/8/2024).

Pada Kamis (8/8/2024) digelar BI Jateng Bershalawat menghadirkan Habib Ali Zainal Abidin Assegaf bersama Majelis Az Zahir.


Adapun Expo dan Festival UMKM Pesantren Jateng akan digelar Kamis-Minggu (8-11/8/2024) meliputi perlombaan umum dan olimpiade antar-pesantren.

Perlombaan umum yakni wirausaha muda syariah, halal chef competition, dan lembaga ZISWAF unggulan.

Sementara untuk olimpiade antar-pesantren meliputi kewirausahaan pesantren, video kreasi dakwah santri, video kreasi seni pesantren, kaligrafi, dan halal chef competition.

Menutup rangkaian acara, lanjut Ahmad Izzuddin, pihaknya juga menggelar lomba adzan, baca puisi religi, mewarnai kaligrafi, dan fashion show busana muslim pada Minggu (11/8/2024).

Lomba adzan dan fashion show busana muslim, masing-masing dibuka hanya untuk satu kategori (digabung) untuk SMP/MTs dan SMA/SMK/MA.

Untuk lomba baca puisi religi juga untuk satu kategori (digabung) SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan perguruan tinggi.

Sementara untuk lomba mewarnai kaligrafi dibuka untuk SD/MI/sederajat dengan kategori A (kelas 1-3) dan B (kelas 4-6).

Sekretaris PP MAJT Drs KH Muhyiddin MAg menambahkan, rangkaian kegiatan Murraham di MAJT digelar untuk menyemarakkan Tahun Baru Hijriyah dengan memperbanyak amal saleh.

Selain itu, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman agama serta keimanan dan ketakwaan umat Islam kepada Allah SWT.

Acara juga dimaksudkan untuk mempererat ukhuwah Islamiyah di antara kaum muslimin. (Aji)

Berita Terkini