Jelang Pendaftaran Pilkada 2024, Sekda Jateng Minta Mitigasi Potensi Kerawanan

Kamis, 1 Agustus 2024 20:44
Sekda Jateng Sumarno saat rakor kesiapan Satpol PP hadapi pendaftaran Pilkada. Foto: jatengprov.go.id

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno meminta Satuan Pamong Praja (Satpol PP)) mulai melakukan mitigasi potensi kerawanan setiap tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Mengacu Peraturan Komisi Peraturan Umum (PKPU) No. 8 tahun 2024 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Walikota, jadwal pendataran calon akan dimulai pada 27 Agustus 2024.

“Kami minta untuk memitigasi risiko di masing-masing daerah. Sebab setiap daerah punya karakteristik yang berbeda, sehingga kerawanannya juga berbeda,” kata Sumarno, di sela Rapat Koordinasi Kesiapan Satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam Menghadapi Pilkada Tahun 2024, di Kantor Satpol PP Jawa Tengah, Kamis 1 Agustus 2024, seperti dilansir jatengprov.go.id.

Baca juga: 70 Calon Paskibraka Kendal Mulai Berlatih Fisik dan Formasi

Sumarno mengatakan, langkah itu perlu dilakukan, agar pelaksanaan Pilkada berjalan lancar dan kondusif.
Dia membeberkan, potensi kerwanan yang harus diwaspadai antara lain konflik antarkelompok, konflik yang disebabkan kecurangan, dan ujaran-ujaran tidak menyenangkan.

“Inilah yang harus kita antisipasi,” ujar sekda.

Menurutnya, Satpol PP dan Satlinmas mesti mengambil peran dalam pengamanan Pilkada Serentak 2024, bersama Polri dan TNI. Terutama, tingkat TPS yang tersebar di 35 kota/ kabupaten.
“Satpol PP dan Satlinmas mempunyai peran strategis untuk menjaga kondusifitas keamanan di masing-masing daerah. Tantangan Satpol PP dan Satlinmas sangat berat dan butuh koordinasi seperti ini,” kata Sumarno.

Baca juga: Puluhan Balon Udara Siap Hiasi Langit Wonosobo di JBA 2024, Berharap Masuk KEN 2025

Pelaksana Tugas Kepala Satpol PP Jateng, Retno Fajar menjelaskan, jumlah total personel Linmas di Jateng sekitar 240 ribu orang. Ratusan personel Linmas Jateng sudah siap dilibatkan untuk pengamanan pilkada serentak 2024 di 35 kabupaten/kota.

Para anggota Satlinmas itu, nantinya akan ditugaskan pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara. Tiap TPS akan ditugaskan dua orang Satlinmas. Sedangkan Satpol PP bersama TNI/Polri siap mengamankan kondusivitas wilayah. (Aji)

Berita Terkini