70 Calon Paskibraka Kendal Mulai Berlatih Fisik dan Formasi

Kamis, 1 Agustus 2024 20:33
Para calon paskibraka Kabupaten Kendal saat menjalani latihan. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Sebanyak 70 calon peserta Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Kendal mengikuti Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan di Alun-alun Kabupaten Kendal.

Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kendal, Kardiantomo menjelaskan, 70 peserta Capaska Kendal terdiri dari 38 putra dan 32 putri. Mereka akan mengikuti pendidikan dan pelatihan selama 21 hari meliputi latihan fisik, wawasan kebangsaan dan latihan formasi.

"Mereka latihan selama 21 hari. Sepuluh hari pertama ditekankan di kekuatan fisik, dan mungkin minggu depan baru kita latihan formasi," terang Kardiantomo, saat ditemui di sela-sela latihan, Kamis 1 Agustus 2024.

Baca juga: Puluhan Balon Udara Siap Hiasi Langit Wonosobo di JBA 2024, Berharap Masuk KEN 2025

Kardiantomo menambahkan calon Paskibraka nantinya juga akan menjalani karantina lima hari sebelum hari pengibaran bendera merah putih dalam upacara HUT RI ke-79. Untuk itu dia menekankan agar para calon Paskibraka dapat menjaga kesehatan, mengatur pola istirahat dan pola makan. Serta hati-hati saat berangkat maupun pulang latihan.

"Kita menekankan jaga kesehatan, atur iatirahat yang cukup, hindari es dan hindari makan gorengan. Yang kedua jaga keselamatan. Waktu berangkat dan pulang itu harus hati-hati, tidak boleh terlambat tapi jangan menambah kecepatan. Caranya dengan berangkat lebih awal selama latihan," pesannya.

Sungguh - sungguh

Pelatih dari Kodim 0715/Kendal, Muhammad Arif berharap, calon Paskibraka bisa mengikuti latihan secara sungguh-sungguh, mengingat tugas yang akan diemban oleh Paskibraka sangat berat namun mulia, terutama dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Kendal.

Baca juga: Rembang Sosialisasikan Olahraga Xiangqi, Tiga SD Jadikan Ekstrakurikuler

"Kami menekankan mereka tetap semangat, jaga fisik. Karena di awal-awal kita full di fisik, minggu berikutnya kita mulai gerakan, kemudian mulai formasi dan manuver. PBB kita mulai dari gerakan dasar, setelah bagus kita masuk ke formasi," bebernya.

Salah seorang calon Paskibraka, Topas Antaris dari MAN Kendal mengaku bersyukur bisa mengikuti salah satu peserta pengibar bendera merah putih di HUT Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Kendal. Ia mengungkapkan meski harus mengikuti latihan dengan keras namun banyak pengalaman yang didapatkan dari proses seleksi hingga saat ini.

"Semangat, seru dan semangat bisa latihan sama teman-teman dari sekolah lain. Kami juga komitmen menjaga fisik agar tetap sehat, dengan menjaga pola makan dan iatirahat. Mudah-mudahan semua dilancarkan," tandasnya.(Anik)

Berita Terkini