Pj Gubernur Lampung akan Resmikan Tujuh Kampung Pancasila di Tubaba

Rabu, 31 Juli 2024 20:23
Saat gelar rapat persiapan (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM --Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, menggelar rapat persiapan peresmian Tujuh Tiyuh (Desa) yang dinobatkan sebagai Kampung Pancasila pada 07 Agustus 2024 mendatang.

Rapat tersebut dipusatkan di balai Tiyuh Panaragan Jaya Utama (PJU), Kabupaten Tubaba, yang dipimpin oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Bayana, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh (DPMT), Sofiyan Nur, Pabung Kodim 0412/LU, Aris dan dihadiri Kepala Badan Kesbangpol, Kasatpol PP, Camat TBT dan tamu undangan lainnya.

"Rapat kali ini kita membahas persiapan peresmian kampung pancasila yang mana secara simbolis di pusatkan di Tiyuh PJU dan akan diresmikan langsung oleh Penjabat (PJ) Gubernur Lampung, Samsudin," ujar Bayana, saat dikonfirmasi Pasca rapat, Rabu (31/07/2024).

Kemudian dia juga menjelaskan bahwa untuk kampung Pancasila ada 7 titik, karena tujuh tiyuh itu mewakili satu tiyuh dalam satu kecamatan dan untuk dua kecamatan sudah kita resmikan pada tahun lalu.

Selain itu, Pj Gubernur juga akan meresmikan Gedung Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah kemudian yang terakhir agendanya meninjau rumah Dataku di Tiyuh Pulung Kencana."Selain Kunjungan Kerja (Kunker) pada tanggal 7, Pj Gubernur Lampung juga akan hadir pada perhelatan Tubaba Art Festival ke-8 yang akan dijadwalkan tanggal 01 Agustus 2024,"jelasnya.

"Saya berharap rangkaian peresmian kampung pancasila ini dapat berjalan dengan tertib, hikmat, lancar dan sebelum tanggal 7 lingkungan Tiyuh PJU harus sudah bersih," Harapannya.

Sementara itu, Pabung 0412/LU, Aris memaparkan bagaimana proses terbentuknya Kampung Pancasila. "Kalau proses Kampung Pancasila itu sendiri dapat kita lihat dari keheterogenan penduduk, gotong royong yang tinggi, keberagaman warganya dan agamanya," Paparnya.

"Kampung pancasila itu sendiri prosesnya tidak lama hanya memakan waktu satu bulan. Namun pelaksanaannya sepanjang tahun, karena bagaimana daerah itu ditetapkan sebagai kampung pancasila kedepannya tidak menyimpang dari lima sila yang ada dalam pancasila," tegasnya.

Ditempat yang sama, saat dikonfirmasi
Kepala Tiyuh PJU Supriyanto, menyatakan sangat bangga karena di Tiyuh PJU menjadi tempat simbolis peresmian kampung pancasila.

"Tentu, saya selaku kepala Tiyuh PJU mewakili masyarakat sangat banga dan untuk persiapannya sendiri sudah kita rapatkan dengan semua jajaran, dan akan kita sambut Pj Gubernur dengan kesenian Reog dan Kuda Lumping," Imbuhnya (Rohman).

Berita Terkini