Peduli Kesehatan Masyarakat Tak Mampu, BAZNAS Pesawaran Bangun Rumah Sehat

Rabu, 31 Juli 2024 15:46
Bupati Dendi peletakan batu pertama Rumah Sehat BAZNAS Pesawaran/Foto: Rama Helo Lampung

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Guna memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pesawaran membangun Rumah Sehat BAZNAS diatas tanah hibah Pemkab setempat seluas 1.624 M.

Hal tersebut ditandai dengan ground breaking ceremony tanda dimulainya pembangunan Rumah Sehat BAZNAS Kabupaten Pesawaran oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona di Desa Sukabanjar Kecamatan Gedongtataan kabupaten setempat, Rabu (31/72024).

"Iya, kita akan bangun rumah sehat dengan pelayanan kesehatan secara gratis. Program ini merupakan arahan BAZNAS Pusat dan didukung oleh pak Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona," kata Ketua BAZNAS Pesawaran Abdul Hamid.

Baca juga: Tuhu Bangun Terima Kasih Kapolda Komit Jaga Aset PTPN 1 Reg 7

Menurutnya, program pelayanan kesehatan ini nantinya akan melayani masyarakat yang kurang mampu di wilayah Kabupaten Pesawaran.

"Tanpa dukungan pak Bupati Dendi, program pelayanan kesehatan gratis ini tidak akan mungkin dapat berjalan. Untuk itu kami sebagai pengurus BAZNAS Pesawaran mengucapkan terima kasih atas semua dukungan dan arahannya, sehingga BAZNAS bisa dirasakan manfaatnya di masyarakat," ujarnya.

Diketahui, dalam kesempatan itu, BAZNAS Pesawaran juga memberikan santunan kepada para mustahiq. Yakni program Bkah, Benar, Bedah Rumah Layak Sehat (Berkat), Bea Siswa Sarjana untuk bidang pendidikan dan Asuransi Kesehatan BPJS.

Sementara, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, keberadaan Rumah Sehat BAZNAS diharapkan dapat membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat secara gratis melalui BAZNAS Kabupaten Pesawaran.

Baca juga: Sambangi Pesawaran, KPK RI Observasi Percontohan Kabupaten Anti Korupsi

"Lokasi tanah ini sebelumnya hibah dari keluarga besar Djunjungan kepada Pemkab Pesawaran, lalu sekarang kita hibahkan lagi ke BAZNAS untuk Rumah Sehat, semoga amal jariyahnya akan terus mengalir," kata Dendi.

Dendi juga mengapresiasi BAZNAS Pusat yang telah mengakomodasi dan memberikan dukungan pembangunan Rumah Sehat BAZNAS Kabupaten Pesawaran.

"Terima kasih atas nama Pemkab Pesawaran kepada BAZNAS Pusat yang terus memberikan perhatian berupa dana, meskipun diperkirakan kurang. Jadi nanti kita akan bantu dari berbagai sumber dana para donatur. Dan perlu diketahui pembangunan Rumah Sehat BAZNAS Pesawaran ini tidak akan menggunakan dana APBD," ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Media Apriliana menjelaskan, Rumah Sehat BAZNAS Pesawaran ini nantinya akan setara dengan Klinik Pratama hanya melayani rawat jalan dan persalinan normal.

"Iya, tentu kita akan siapkan sejumlah tenaga medisnya, diantaranya 10 bidan dan perawat, dua dokter, satu analisa laboratorium, satu apoteker dan asisten apoteker," pungkas Nana. (Rama)

Berita Terkini