Bawaslu Libatkan Pemilih Pemula Awasi Pilkada 2024

Rabu, 31 Juli 2024 15:18
Bawaslu Libatkan Pemilih Pemula Awasi Pilkada 2024/ist.helokalsel/ Bawaslu

BANJARMASIN, HELOINDONESIA.COMBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melibatkan pemilih pemula dan perempuan dalam pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan pengawasan di kalangan generasi muda dan perempuan.

Komisioner Bawaslu Kalsel, Thessa Aji Budiono, menjelaskan bahwa pemilih pemula sebagian besar merupakan generasi Z. "Keberadaan generasi Z hampir mendekati mayoritas di antara pemilih di Indonesia," katanya Rabu (31/7/2024).

Kata Thessa, bahwa pemilih pemula dapat melakukan pengawasan Pemilu melalui media sosial (medsos) pribadi mereka. "Kami berharap mereka aktif dalam menyampaikan informasi terkait pengawasan Pemilu melalui medsos," ujarnya.

Untuk mendukung upaya ini, Bawaslu Kalsel telah mengundang sejumlah narasumber ahli untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman tentang Pemilu kepada pemilih pemula dan perempuan. "Tujuannya adalah menularkan semangat pengawasan partisipatif kepada semua kalangan, terutama generasi Z," tambah Thessa.

Dia juga menekankan pentingnya peran pemilih pemula dan perempuan dalam mengawasi serta mencegah pelanggaran Pemilu 2024. "Mari kita bersama-sama mengawasi Pilkada tahun ini," katanya.

Berita Terkini