Posyandu Terintegrasi Jadi Transformasi Layanan Kesehatan yang Tangguh di Purbalingga

Rabu, 31 Juli 2024 10:01
Rakor Tim Pokjanal Posyandu di Purbalingga. Foto: kominfo pbg

PURBALINGGA, HELOINDONESIA.COM - Sebagai upaya transformasi kesehatan di Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) tengah menerapkan Integrasi Layanan Primer (ILP), salah satunya melalui posyandu.

Hal ini disampaikan oleh Teguh Wibowo, Sekretaris Dinas Kesehatan mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, saat menyampaikan sambutan dan sekaligus membuka acara koordinasi Tim Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu (Posyandu) pada Selasa 30 Juli 2024 di Aula Convention PM Collaboration, Purbalingga.

Baca juga: Kembangkan Deswita Wonosobo, Tim Pengmas Polines Kenalkan Digital Marketing

Rapat koordinasi Tim Pokjanal akan berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 30 hingga 31 Juli 2024. Dalam sambutannya, Teguh Wibowo menjelaskan bahwa kegiatan di posyandu akan terintegrasi menjadi satu.

"Kegiatan di posyandu tidak akan terpotong-potong lagi. Tidak ada lagi posyandu anak-anak, posyandu remaja, atau posyandu lansia. Semuanya akan menjadi satu," ujar Teguh.

Ia juga menambahkan bahwa posyandu tidak hanya akan dikunjungi oleh anak-anak, tetapi juga oleh remaja, usia produktif, dan lansia. Kegiatan di posyandu nantinya akan mencakup pendaftaran, penimbangan, pencatatan, serta pengembangan layanan preventif dan screening yang lebih mendalam.

"Program ini mari kita dukung bersama sehingga posyandu kita menjadi posyandu yang tangguh dan komprehensif," lanjut Teguh.

Baca juga: Link Drakor Red Swan Episode 9 Sub Indo

Miftahurrohman dari Bappelitbangda Purbalingga memberikan pemaparan terkait kebijakan penganggaran bidang kesehatan. Ia menyebutkan bahwa posyandu termasuk dalam visi-misi keempat dari tujuh visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga sesuai dengan agenda pembangunan RPJMD tahun 2021-2026.

"Misi keempat adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia, utamanya melalui peningkatan derajat pendidikan dan kesehatan masyarakat," katanya.
Tiga Sumber
Miftah menjelaskan ada tiga sumber anggaran yang bisa dimanfaatkan untuk pelaksanaan pelayanan primer kesehatan, yaitu dari APBN berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Non Fisik, APBD berupa Dana Alokasi Umum (DAU), Bantuan Operasional Kesehatan Puskesmas (BOK), serta APBDes yang bersumber dari transfer dana desa.

Baca juga: Nonton Drama Korea Red Swan Episode 9 dan 10 Sub Indo 

Rukmawan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Purbalingga turut memberikan materi terkait penggunaan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat. Ia menekankan pentingnya penyatuan persepsi dan optimalisasi informasi terkait program posyandu.

"Rencananya tahun 2024 ini ada penyatuan persepsi tentang posyandu pasca transformasi," jelas Rukmawan.

Dalam kesimpulan diskusi pertemuan koordinasi pokjanal, Rukmawan menyampaikan beberapa hal penting, termasuk perlunya sosialisasi lebih masif terkait keterpaduan perencanaan, penganggaran, dan program di desa melalui Tagging Dana Desa subbidang kesehatan. Ia juga menyoroti potensi sumber daya manusia, kelembagaan, dan anggaran desa yang dapat dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan.

Baca juga: Harga Kopi Tinggi, Petani di Temanggung Diminta Tetap Jaga Kualitas

"Perlu dukungan pembinaan dan pendampingan oleh OPD terkait dan stakeholders lainnya serta pentingnya mendorong kolaborasi pentahelix (Pemerintah, Masyarakat, Lembaga Usaha, Akademisi, dan Media)," tambahnya. (Aji)

Berita Terkini