230 Stan Meriahkan Jateng Fair 2024, Nana Ajak Masyarakat Nikmati Produk Unggulan

Selasa, 30 Juli 2024 05:59
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat mengunjungi salah satu stan di Jateng Fair 2024. Foto: jatengprov.go.id

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Kemeriahan Jateng Fair 2024 Special Show terlihat pada malam pembukaan di Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Kota Semarang, Senin malam 29 Juli 2024. Kegiatan pameran bertema “Sensational of Central Java Coffee” tersebut, dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.

Dalam sambutannya, Nana menyampaikan, ajang Jateng Fair merupakan rangkaian dari Hari Ulang Tahun ke-79 Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan itu rutin dilakukan setiap tahun, di mana setiap tahun penyelenggaraanya terus ditingkatkan.

Pada Jateng Fair kali ini, jelasnya, dilakukan berbagai kegiatan, seperti pameran, mulai UMKM, hasil pembangunan, hingga pameran alat utama sistem pertahanan atau alutsista dari Kodam IV/Diponegoro. Ada pula hiburan, rekreasi, dan robotik dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Baca juga: Penantian Sebelas Tahun, Tim Garuda Nusantara Akhirnya Juara ASEAN U-19 Boys Championship 2024

“Saya rasa ini hal yang sangat sensasional juga, bahwa mahasiswa di Jawa Tengah tidak kalah dengan nasional maupun internasional. Mereka sudah mampu membuat peralatan robotik, juga becak listrik, gamelan digital,” imbuhnya, seperti dilansir jatengprov.go.id.

Nana menambahkan, pameran produk dari OPD juga menarik. Seperti Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya (DPUBMCK) Jateng akni aplikasi Jelajah Air, yakni aplikasi berbasis web dan android sebagai solusi untuk mengumpulkan data, dan menyediakan akses data, statistik dan peta yang komprehensif, terhadap sumber air baku dan penyediaan air minum di Jateng.

Aplikasi Jelajah Air langsung diresmikan oleh Pj Gubernur, didampingi Kepala DPUBMCK Jateng Hanung Triyono di stan pamerannya. Ada juga, di Dinas Kominfo Jateng, dipamerkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligent atau AI), dan pameran lain dari kabupaten serta kota di Jateng.

Dalam Jateng Fair juga dipamerkan kopi asli provinsi ini. Ada 20 kabupaten dan kota yang merupakan penghasil kopi berkualitas. Kopi di Jateng, harapnya, akan terus didorong agar tidak kalah dengan produk kopi luar negeri.

Baca juga: 10 Jenis Rempah-rempah yang Biasa Dimanfaatkan untuk Spa

“Pemerintah dan instansi terkait akan berupaya meningkatkan kopi. Bahwa kita dari bahan baku ada, kualitas kopi baik, bagaimana kita mem-branding kopi, sehingga tidak hanya dikenal nasional tapi juga internasional. SDM kita tingkatkan, mutu atau kualitas juga akan kita tingkatkan,” imbuh dia.
Produk Unggulan
Menurutnya, total ada sekitar 230 stan yang ada di Jateng Fair ini. Diharapkan, masyarakat tahu bahwa produk unggulan dari kabupaten dan kota bisa dinikmati di Jateng Fair, juga agar seluruh warga tahu, sejauh mana perkembangan pembangunan di Jateng.

Di Jateng Fair, tuturnya, juga ada hiburan dari artis lokal dan nasional yang siap meramaikan kegiatan. Harapannya, dengan kegiatan itu maka roda perputaran perekonomian di Jawa Tengah ini hidup.

“Ayo ke Jateng Fair. Beragam produk unggulan yang ada di Jateng Fair,” ajaknya ke masyarakat untuk mengunjungi.

Direktur Utama PT PRPP Titah Listiorini menyampaikan, hal yang berbeda dengan kegiatan sebelumnya, yakni terkait tema Sensational of Central Java Coffee.

“Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat, bahwa Jawa Tengah itu ada lebih dari 20 kabupaten penghasil kopi dan itu sudah mendunia. Sudah diekspor, sudah ke mana-mana,” ujarnya. (Aji)

Berita Terkini

Ukuran Kemuliaan Itu Istiqamah

Opini • 1 jam 34 menit lalu