Program Studi DSI Undip Implementasikan Autofeeder untuk Budidaya Ikan Air Tawar

Minggu, 28 Juli 2024 14:46
Sekretaris Prodi DSI Undip Prof Rizal Isnanto menyerahkan auto feeder Kepada perwakilan KHDTK Rizky Setiawan SH

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -  Program Studi Doktor Sistem Informasi (DSI) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang sukses melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertema Implementasi Autofeeder untuk Budidaya Ikan Air Tawar di Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHdTK) Undip pada Sabtu, 27 Juli 2024.

KHDTK Undip berlokasi di Desa Mluweh, Kaligawe, Susukan, Ungaran Timur, Semarang Regency dan dihadiri oleh berbagai pihak dari komunitas desa serta anggota tim pengabdian masyarakat.
Pihak KHDTK yang diwakili Rizki Setiawan SH sebagai supervisor Tata Usaha KHDTK Undip mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Program Studi DSI atas acara implementasi autofeeder untuk budidaya ikan air tawar.

Baca juga: Pimpin Upacara Hari Jadi ke-419 Kendal, Dico : Saya Cinta Kendal

”Kami berharap kegiatan serupa dapat berlanjut untuk bidang pertanian yaitu penyiraman secara otomatis,” ungkap Rizki Setiawan.

]Sekretaris Program Studi DSI Undip yang sekaligus ketua tim Prof Dr Ir R Rizal Isnanto ST MM MT IPU Asean Eng, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi selain pendidikan dan penelitian.

”Kami berharap autofeeder dengan teknologi digital timer untuk budidaya ikan air tawar ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Prof Rizal Isnanto.


“Manfaat dan penggunaan teknologi autofeeder dalam budidaya ikan adalah dapat meningkatkan efisiensi pemberian pakan dan hasil budidaya ikan di KHDTK Desa Mluweh,” tambahnya.

Komitmen

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Program Studi Doktor Sistem Informasi Undip untuk berkontribusi dalam pengembangan masyarakat lokal melalui penerapan teknologi terkini.
Program Studi Doktor Sistem Informasi Undip berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Mluweh, Kaligawe, Susukan, Ungaran Timur, dan memperkuat hubungan antara akademisi dan masyarakat.

Baca juga: Penampilan Ungu Pecahkan Kendal, Dico Sebut Ini PRK Terakhir

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi praktik yang dipandu oleh salah satu mahasiswa DSI UNDIP Kurniawan Teguh Martono ST MT.

Para peserta diperkenalkan langsung dengan cara penggunaan autofeeder dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab. Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan perangkat autofeeder dari Program Studi DSI ke KHDTK Undip. (Aji)

Berita Terkini