Kembangkan Karya Ilmiah, Prodi Ilmu Komunikasi USM Gelar Comsos 2024

Kamis, 25 Juli 2024 06:33
Kegiatan Comsos 2024 oleh Prodi S1 Ilmu Komunikasi USM

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Program Studi S1-Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) menggelar Conference on Communication and Social Science (Comsos) 2024 yang berlangsung secara offline dan virtual di Ruang Diskusi Utama Lantai 8 Gedung Menara USM, pada Rabu 24 Juli 2024.

Ketua Panitia, Hilda Rahmah SPd MA mengatakan, Comsos merupakan bentuk kegiatan prosiding yang menjadi langkah strategi Ilmu Komunikasi USM dalam memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan karya ilmiah terkait isu percepatan teknologi komunikasi di era new media.

Baca juga: Nakhoda Kapal Nelayan Hilang di Perairan Tegal, Diduga Terjatuh saat Angkat Jangkar

Prosiding yang dilaksanakan akan menjaring artikel ilmiah mahasiswa, yang memiliki konsentrasi pada berbagai isu komunikasi, seperti komunikasi massa, jurnalistik dan komunikasi strategis.

"Hal ini sekaligus menjadi embrio untuk meningkatkan publikasi guna menghasilkan lulusan yang sesuai dan berorientasi pada kemapanan kompetensi, sehingga dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Agenda ini memiliki luaran berupa publikasi proceeding ber-ISBN,'' ungkap Hilda.

Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas mulai dari USM, Unika Soegijapranata dan UPN itu mendapatkan apresiasi dari Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi USM, Prind Triajeng Pungkasanti SKom MKom.

''Saya mengapresiasi penyelenggaraan Comsos 2024. Kegiatan ini adalah terobosan baru dan bisa sebagai ajang latihan untuk melakukan riset untuk kelulusan S1,'' terang Prind.

Baca juga: Tekan Stunting, Pemkot Tangsel Sosialisasikan ke Masyarakat Agar Gemar Konsumsi Ikan 

Sementara itu, Ketua jurusan Ilmu Komunikasi USM, Edi Nurwahyu Julianto MIKom, berharap, kegiatan yang baru pertama kali itu dapat menjadi acuan yang lebih baik untuk penyelenggaraan Comsos berikutnya.

''Karena ilmu komunikasi tidak berpacu pada praktik saja tapi juga harus diperkuat secara akademik lewat karya ilmiah sehingga mahasiswa akan lebih cepat untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang ilmu komunikasi,'' tandas Edi.

Adapun kegiatan tersebut berisi penyelenggaraan seminar dengan tema "Dinamika dan Identitas Masyarakat Platform" dengan narasumber Dosen Ilmu Komunikasi USM, Dr Gita Aprinta Ester B MSi, sekaligus pemaparan hasil karya ilmiah kepada reviewer. (Aji)

Berita Terkini