Rumah Sehat Baznas Kendal Resmi Beroperasi, Mustahik Gratis Berobat

Rabu, 24 Juli 2024 16:05
Ketua Baznas RI KH Noor Achmad saat meresmikan RSB di Kendal. Penampakan RSB bagi mustahik. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Rumah Sehat Baznas (RSB) Kabupaten Kendal menjadi RSB ke-22 di Indonseia yang dibangun Baznas bekerja sama dengan pemerintah daerah dan CSR.

RSB Kendal yang dibangun di Desa Kebumen, Kecamatan Sukorejo langsung beroperasi usai diresmikan Ketua Baznas RI didampingi Wakil Bupati Kendal dan CSR Sedekah Konsumen Alfamart, Rabu 24 Juli 2024.

RSB Kendal atau rumah sakit tanpa kasir ini dibangun dengan anggaran sebesar Rp 4,3 miliar. Dan diperuntukkan bagi mustahik yang memerlukan pengobatan dengan cara gratis.

Ketua Baznas RI Prof Dr KH Noor Achmad MA menyampaikan, anggaran Rp 4,3 miliar untuk pembangunan RSB Kendal ini merupakan hasil kolaborasi dari Baznas, Pemerintah Kabupaten Kendal dan CSR. Sehingga harapannya RSB ini bisa memberikan kemanfaatan kepada masyarakat tidak mampu di Kabupaten Kendal.

"Lahan ini disediakan oleh Pemkab Kendal, dan InsyaAllah kedepannya juga kerjasama untuk kapitasinya. Terutama untuk BPJS karena kita hanya bisa memberikan bantuan selama dua tahun. Sehingga keberlangsungannya bisa terjamin," ujar ketua PP MAJT itu.

27 Nakes

Ketua Baznas Kendal, Syamsul Huda menerangkan, untuk layanan kesehatan, RSB Kendal menyiapkan 27 tenaga kesehatan yang meliputi 5 dokter, 7 perawat, 5 bidan dan tenaga penunjang lainnya. Dengan bentuk layanan RSB Kendal diantaranya adalah rawat inap, rawat jalan, UGD, poli umum, poli bersalin, poli KIA, laktasi, dan perinatologi.

"Semua nanti mustahik yang sakit kita obati gratis tidak membayar. Jadi RSB ini rumah sakit tanpa kasir. Ruang inapnya sementara ada 5 bed," terang Syamsul Huda.

Baca juga: Poltekkes Tanjungkarang Cek Kesehatan Puluhan Penderita DM dan Hipertensi di Pesawaran

Sementara, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki berharap, RSB ini dapat memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat khusus kaum dhuafa.

"Kita berharap setelah diresmikan RSB ini dapat menjadi fasilitas kesehatan tingkat pertama untuk membantu seluruh masyarakat Kendal yang tidak mampu dalam mendapatkan pelayanan kesehatan," harap Windu Suko Basuki.

Ia juga mengapresiasi dibangunnya RSB yang bisa membantu menyukseskan program pemerintah dibidang kesehatan.

"Mohon dukungan semua pihak sehingga tersosialisasi secara masif keberadaan serta eksistensi pelayanan RSB ini saat ini dan di masa mendatang. Semoga Rumah Sehat Baznas Kendal semakin berkembang dan memberikan manfaat dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kendal," pungkasnya.(Anik)

Berita Terkini