Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 5,0 Guncang Kepulauan Mentawai, Tidak Berpotensi Tsunami

Selasa, 23 Juli 2024 13:33
Gempa Bumi. Ist

HELOINDONESIA.COM - Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat diguncang gempa tektonik pada Selasa, 23 Juli 2024 pukul 10.10 WIB.

Berdasarkan analisis BMKG, gempa tersebut memiliki magnitudo 5,0. Episenter gempa terletak di koordinat 1,72° LS dan 99,54° BT, atau sekitar 32 kilometer barat laut Kepulauan Mentawai, dengan kedalaman 18 kilometer.

BMKG menyebutkan bahwa gempa ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng, dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Baca juga: Segelintir Orang Gelar Aksi Demo depan Kantor Dewan Pers dan PWI Pusat


Guncangan gempa dirasakan di berbagai daerah.

Di Kepulauan Mentawai, intensitas gempa mencapai skala III-IV MMI, di Padang, Pariaman, Padang Pariaman, dan Agam tercatat skala III MMI, dan di Padang Panjang skala II MMI. 

Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut.

Baca juga: Doa Bersama Peringatan ke-77 Hari Bakti TNI AU


Model pemodelan menunjukkan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 10.50 WIB, BMKG belum mencatat adanya aktivitas gempa susulan.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. 

Baca juga: Bareskrim Tangkap Tersangka Peredaran Obat Perangsang Untuk Pesta Seks


Warga juga diminta untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak dan memastikan kondisi bangunan aman sebelum kembali masuk ke rumah.

Informasi resmi terkait gempa hanya dapat diperoleh melalui kanal komunikasi resmi BMKG seperti Instagram, Twitter (@infoBMKG), website (www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), Telegram channel (InaTEWS_BMKG), atau aplikasi mobile BMKG.

Baca juga: Mau Tahu Siapa Calon Wali Kota Tangsel dan Cagub Banten 2024 Peraih Suara Tertinggi Hasil Survei Tahap II PERWATAS, Simak!


Sumber : Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Jakarta, 23 Juli 2024.

Dr. DARYONO, S.Si., M.Si.

Berita Terkini