Menggali Potensi Anak Panti, Forum Panti Asuhan Gelar Festival Anak Panti

Senin, 22 Juli 2024 20:26
Menggali Potensi Anak Panti, Lewat Festival Anak Panti Festival Anak Panti

BANJARMASIN, HELOINDONESIA.COM - Dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah, Forum Panti Asuhan Muhammadiyah dan Aisyiyah Kota Banjarmasin menyelenggarakan Festival Anak Panti.

Acara ini dilaksanakan di dua lokasi berbeda: Masjid Ar Rahman dan SMP 2 Muhammadiyah Banjarmasin, yang terletak di Jalan Kampung Melayu Darat, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Ketua Panitia Festival, Muhammad Nazli, menyatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 75 peserta dari berbagai Panti Asuhan Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Kota Banjarmasin. Ada empat cabang lomba yang diperlombakan, yaitu Lomba Dai-Daiyah, Tahfidzul Quran, Lomba Adzan, dan Lomba Praktik Shalat Berjamaah.

Tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan ruang kreatif bagi anak-anak Panti Asuhan, mempererat tali persaudaraan, dan menjadi teladan bagi panti asuhan lainnya di luar Banjarmasin agar dapat mengadakan kegiatan serupa. Selain itu, diharapkan kegiatan ini dapat membina mental anak-anak Panti agar lebih baik ke depannya serta memotivasi mereka untuk menjadi Imam Masjid, Muazin, dan peran penting lainnya.

Ketua Forum Panti Asuhan Muhammadiyah Banjarmasin, Sutata, menjelaskan bahwa acara ini merupakan bagian dari Program Kerja Forum yang akan rutin diadakan setiap bulan Muharam. Program ini bertujuan untuk menyiapkan kader muda dari Panti Asuhan Muhammadiyah dan Aisyiyah agar dapat berperan aktif dalam masyarakat.

Acara ini juga diharapkan dapat mencetak kader-kader Muhammadiyah dari Panti Asuhan Muhammadiyah sesuai dengan tuntunan Majelis Tarjih Muhammadiyah. Program ini mendapat apresiasi dari Bendahara Umum Pimpinan Muhammadiyah Kota Banjarmasin, Harianto S.Pd, M.I.Kom. Dia berharap kegiatan ini dapat mendorong setiap Panti Asuhan untuk mengembangkan potensi anak-anak dan meningkatkan semangat mereka dalam berpartisipasi dalam kegiatan positif.

Harianto menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan anak-anak berprestasi dan menumbuhkan semangat mereka, meskipun mereka tinggal di Panti Asuhan.

Berita Terkini