Pj. Gubernur Samsudin Hadiri Apel Gelar Pasukan dan Perlengkapan “Power On Hand”

Jumat, 19 Juli 2024 11:06
Pj. Gubernur Lampung Samsudin menghadiri Apel Gelar Pasukan dan Perlengkapan “Power On Hand”

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM --Pj. Gubernur Lampung Samsudin menghadiri Apel Gelar Pasukan dan Perlengkapan “Power On Hand” Kapolda Dalam Rangka Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Provinsi Lampung, yang dilaksanakan di Lapangan Kopri, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Bandar Lampung, Jum’at (19/7/2024).

Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika selaku Pemimpin Apel, dalam amanatnya menyampaikan bahwa tantangan tugas ke depan tidaklah mudah, baik dari segi geopolitik, ekonomi, dan teknologi iklim yang semakin rumit dan penuh ketidakpastian di sisi lain pelaksanaan tugas pokok Polri sangatlah berpengaruh terhadap ketahanan bangsa dalam menghadapi berbagai macam tantangan dan daya saing di tengah-tengah kompetisi global.

“Agenda tugas ke depan Polri salah satunya adalah pengamanan Pilkada 2024. Pilkada 2024 merupakan pesta demokrasi yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi dan sekaligus menjadi titik penentu masa depan Provinsi Lampung,” ujar Kapolda Helmy Santika.

Presiden, lanjutnya, telah mengamanatkan Polri untuk turut mendukung dan menyukseskan dengan tetap menjaga netralitas, menjaga stabilitas dan menjaga demokrasi agar terwujudnya Pilkada yang jujur bersih dan adil.

“Melihat pentingnya hal tersebut maka seluruh personil Polda Lampung khususnya harus siap dapat menyukseskan Pilkada 2024,” ujarnya.

Helmy Santika menjelaskan bahwa apel yang dilaksanakan ini untuk memastikan semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan dan miliki akan digunakan untuk pengamanan Pilkada. Seperti sarana transportasi, peralatan komunikasi dan perlengkapan keamanan yang harus sudah tersedia dalam kondisi baik dan siap pakai.

“Apel ini juga untuk melakukan pengawasan secara langsung terhadap persiapan persiapan yang telah kita lakukan untuk bisa kita evaluasi dan juga implementasikan ke dalam rencana pengamanan kedepannya,” jelasnya.

Apel gelar pasukan dan pengecekan perlengkapan ini merupakan “Power On Hand” Kapolda yang siap digunakan dalam situasi apapun.

“Konsep yang dimaksud adalah memastikan bahwa Polda Lampung memiliki sumber daya yang memadai dalam menjalankan tugas-tugasnya guna mendukung menjaga situasi Kamtibmas yang Kondusif melalui Responsibilitas keamanan, penanganan krisis, operasi kepolisian dan pengendalian masa,” ujar Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika.

Dalam menjaga situasi kamtibmas di Provinsi Lampung, jelasnya, Polda Lampung dan jajaran serta didukung instansi lainnya menyelenggarakan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dalam rangka penanggulangan bencana dengan mengedepankan “Power On Hand” Kapolda untuk dapat menanggulangi bencana dan gangguan kamtibmas yang terjadi selama tahapan maupun sebelum tahapan pengamanan Pilkada di wilayah hukum Polda Lampung.

Kegiatan Apel diakhiri dengan pemeriksaan pasukan dan perlengkapan oleh Pj. Gubernur Lampung Samsudin bersama Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika, Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Rikas Hidayatullah, Ketua KPU Provinsi Lampung dan Ketua Bawaslu Provinsi Lampung.( (diskominfotik)

Berita Terkini