Kloter BDJ 19 Menandai Selesainya Fase Pemulangan di Debarkasi Banjarmasin

Senin, 22 Juli 2024 08:49
PPIH Debarkasi Banjarmasin saat menerima kedatangan Kloter 19 di Asrama Haji banjarbaru. (ist/helokalsel) Kalsel

BANJARBARU, HELOINDONESIA.COM - Fase pemulangan jemaah haji tahun 1445 H/2024 M melalui Debarkasi Banjarmasin telah resmi berakhir. Kelompok Terbang (Kloter) BDJ 19 tiba pada Senin dini hari (22/07/24), menandai penutupan seluruh proses pemulangan.

Sebanyak 5.842 jemaah dan petugas dari total 5.853 yang diberangkatkan melalui Embarkasi Banjarmasin telah kembali ke Tanah Air. Jumlah ini termasuk seluruh 19 kloter yang berangkat dari Debarkasi Banjarmasin.

Selama periode ini, tercatat 10 jemaah haji dari Embarkasi Banjarmasin yang wafat; 9 di antaranya meninggal di Tanah Suci, dan 1 jemaah meninggal dalam perjalanan pulang di pesawat. Selain itu, dua jemaah haji masih dalam perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi.

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Banjarmasin dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd, menginformasikan bahwa jemaah Kloter BDJ 19 berasal dari berbagai daerah: Kota Banjarmasin (68 jemaah), Banjar (6 jemaah), Tapin (6 jemaah), Tabalong (5 jemaah), Tanah Bumbu (4 jemaah), dan Tanah Laut (1 jemaah), serta 3 petugas kloter.

“Alhamdulillah, pagi ini kita menyambut dengan Soto Banjar dan tambahan sate Banjar,” ujar Dr. Tambrin di Aula Jeddah Asrama Haji Debarkasi Banjarmasin.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, Dr. H. Saiful Mujab, M.A., yang juga hadir, menyampaikan terima kasih atas nama pemerintah. Ia memberikan penghargaan tinggi kepada jemaah haji, khususnya Kloter 19 dari Banjarmasin, yang telah menjadi contoh ketertiban dan kepatuhan selama berada di Tanah Suci.

“Jika ada kekurangan dalam layanan, kami mohon maaf lahir dan batin. Semoga Bapak/Ibu menjadi haji yang mabrur,” tambahnya.

Dr. Saiful menjelaskan bahwa ibadah haji adalah panggilan Allah dan berharap agar semua kebaikan yang dilakukan selama 42 hari tetap dipertahankan hingga kembali ke tanah air. “Semoga semangat kebaikan itu terus ada dalam hati kita dan menjadi mabrur hingga akhir hayat,” ujarnya.

Dengan kedatangan Kloter BDJ 19, fase pemulangan jemaah haji melalui Debarkasi Banjarmasin resmi selesai. Sebelumnya, kloter penutup ini disambut dengan water salute saat pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 8219 mendarat di Bandara Samsuddin Noor Banjarmasin, Banjarbaru.

Berita Terkini