Kontak Senjata Melawan KKB Papua, Seorang Anggota TNI Gugur di Medan Laga

Jumat, 19 Mei 2023 20:30
Kapolda Papua, Irjen Pol M Fakhiri meminta TNI - Polri yang bertugas di Papua siaga. ist

HELOINDONESIA.COM - Anggota TNI kembali menjadi korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Jumat (19/5) siang, korban yang diketahui berpangkat Prajurit Kepala (Praka) ini tewas dalam kontak senjata di Kampung wako, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Kapolda Papua, Irjen Pol Fakhiri membenarkan adanya peristiwa itu. Untuk itu ia meminta anggota TNI-Polri yang bertugas di Kabupaten Puncak untuk terus siaga guna mengantisipasi gangguan susulan yang dilakukan KKB pasca penembakan prajurit.

Baca juga: Sebut Egianus Kogoya Biadab, Sambil Menangis Susi Marah ke KKB Papua

Fakhiri mengatakan, KKB pimpinan Numbuk Telenggen, Jumat (19/5) menembak prajurit TNI Praka Jamaluddin hingga gugur di kampung Wako, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

"Memang benar ada laporan prajurit TNI tewas ditembak KKB di Kabupaten Puncak, saat kontak tembak dengan KKB," katanya di Jayapura, Jumat, (19/5).

Dijelaskan, dari laporan yang diterima terungkap kontak senjata yang menewaskan Praka Jamaluddin terjadi sekitar pukul 12.00 WIT, di kawasan PT MTT, Kampung Wako, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

Baca juga: KKB Papua Tembak Pesawat Berpenumpang 66 Orang

Numbuk Telenggen merupakan pimpinan KKB yang senantiasa menganggu di sekitar wilayah Gome.

Sementara itu, Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Kav Herman Taryaman menyatakan, prajurit yang gugur itu telah dievakuasi menuju RSUD Illaga. Selanjutnya, akan dievakuasi ke Timika Kabupaten Mimika.

Ia menyebut saat ini aparat keamanan yang berada di Ilaga, telah Siaga I mengantisipasi serangan susulan dari KKB.

"Mohon doanya, semoga keamanan di Ilaga bisa segera pulih dan prajurit yang gugur mendapat tempat yang terbaik disisi Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Herman.

Berita Terkini