Banyak Terbengkalai, Puluhan Rumah Dinas Lurah dan Camat di Jakpus Isinya Kuntilanak

Jumat, 19 Mei 2023 19:58
Salah satu rumah dinas lurah dan camat di Jakarta Pusat yang terbengkalai tak diurus. Foto: Irvan

HELOINDONESIA.COM - Dari dulu nggak pernah dirawat, aset Rumah Dinas (Rudin) Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta yang difasilitasi untuk pamong Camat dan Lurah di wilayah Jakarta Pusat dibiarkan rusak. 

Lantaran tidak diurus, saat ini tampak terlihat rudin-rudin ini seperti rumah hantu.

Pantauan di lapangan rudin camat terletak Jalan Kalibaru Timur IV, Bungur, Senen terlihat kosong tanpa dihuni. 

"Sudah lama tidak dihuni alias kosong melompong rudin itu. Kalau malam sering terdengar suara aneh-aneh. Kayak suara kuntilanak," tutur Djoko salah satu warga, Jumat (19/5/2023).

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, Gedung Bawaslu Bandarlampung Dibangun 2 Lantai

Selain itu, kondisi memprihatinkan juga ditemukan di rudin  di Jalan Pintu Air I, Pasar Baru, Sawah Besar gelap dan kotor.

Tokoh masyarakat Jakarta Pusat Budi mengaku miris fasilitas rudin-rudin dibiarkan hancur itu karena Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tidak tahu kondisi di lapangan.

"Sebenarnya rudin-rudin tersebut banyak tidak ditempati pamong camat dan lurah. Makanya kosong lalu tidak diurus dan rusak," tandasnya.

Menurut dia, soal ini semestinya menjadi catatan Pj Gubenur Heru kemudian melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di rudin-rudin tersebut. 

Baca juga: Bekali Mahasiswa dengan Wawasan Kepemimpinan, BEM FT USM Adakan Sekolah Eksekutif

"Rudin itu merupakan aset Pemprov yang didanai APBD untuk biaya perawatan dan lain-lain," ungkap tokoh ini. 

Ketika dikonfirmasi tentang rudin pejabat teras dilingkungan Pemprov DKI Jakarta mulai dari Asisten Pemerintahan Aspem (Aspem) Setda DKI Jakarta dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat belum menanggapi.

Sementara itu, Kasubag Administrasi Pemerintahan Bagian Pemerintahan Setko Jakarta Pusat, Rendy mengatakan, dari 44 lurah dan 8 camat sekitar kurang lebih 30 rudin di Jakarta Pusat. 

"Rudin-rudin tersebut merupakan fasilitas. Untuk tahun ini tidak dianggarkan untuk perawatan dan lain-lain," ujarnya. 


Irvan s

Berita Terkini