500 Relawan Seluruh Indonesia Gathering di Tahura Wan Abdurahman

Minggu, 5 Maret 2023 10:48
Bupati Dendi Ramadhona terlibat perbincangan dengan Wagub Chusnunia Chalim di arena Gathering Nusantara (Rama/Helo Indonesia)

Lampung, Heloindonesia.com -- Sekitar 500 relawan dari 152 komunitas mengikuti Gathering Nusantara Relawan Rescue yang diadakan Badan Pertolongan Dan Pencarian Nasional (SAR) Provinsi Lampung.

Kegiatan yang juga diikuti 60 personel Brimob dan 15 anggota Marinir diadakan di Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdurahman Desa Hurun Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Tanggamus, 3-5 Maret 2023.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengucapkan selamat datang kepada para relawan dan para peserta Gathering Nusantara Relawan Rescue di kabupaten berjuluk Bumi Andan Jejama.

"Selamat datang dan terima kasih kepada seluruh kelompok relawan seluruh Indonesia yang telah bekerja keras demi kemanusiaan," kata Dendi pada pembukaan yang juga dihadiri Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, Sabtu (4/3/2023).

Chusnunia Chalim yakin seluruh peserta datang didorong panggilan jiwa untuk kemanusiaan. "Kejadian bencana dan fenomena iklim ekstrem terasa meningkat frekunsi dan intensitasnya saat ini," ujarnya.

Salah satu yang menjadi perhatian khusus, kata dia, bencana hidrometeorologi dalam bentuk banjir, cuaca ekstrem, dan tanah longsor. Semua menjadi ancaman terbesar dalam kejadian bencana.

Menurutnya, berbagai potensi bencana yang ada hendaknya harus disikapi dan dihadapi melalui pengelolaan penanganan bencana secara lebih baik, antara lain memiliki pemahaman soal ancaman, kekuatan atau kapasitas, dan kemampuan untuk memahami resiko juga mampu menetapkan prioritas penangan dalam mengurangi resiko.

"Tentu saya mendukung dan menyambut baik dilaksanakannya gathering nusantara, sebagai media silaturahmi antar sesama relawan dari berbagai daerah dalam menjalin kerjasama dalam upaya penanggulangan resiko bencana. Mengingat begitu penting dan strategisnya keberadaan relawan ini. Saya berharap kerelawanan bisa diteruskan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Gathering Nusantara Relawan Rescue Amril Haq mengatakan kegiatan ini untuk latihan kolaborasi dan sinergitas pencarian dan pertolongan musibah atau kecelakaan yang memerlukan keahlian khusus. (Rama)

Berita Terkini