Diduga Depresi, Mahasiswa di Pulau Laut Tewas Tergantung

Selasa, 11 Juni 2024 15:45
ilustrasi bunuh diri tewas

KOTABARU, HELOINDONESIA.COM  - Gempar melanda warga Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru, akibat penemuan salah satu penduduknya berinisial AP (27) yang ditemukan meninggal dunia akibat gantung diri.

AP, seorang mahasiswa yang masih aktif, ditemukan tergantung di plafon rumah orang tuanya di Jalan Veteran, Gang Garuda, RT 006, RW 002, Kelurahan Baharu Selatan, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, pada hari Senin (10/6/2023).

Menurut informasi dari Polres Kotabaru, dugaan kuat menyebutkan bahwa AP mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri di ruang tamu rumahnya. Kesimpulan ini didasarkan pada temuan barang bukti seperti seutas tali di tempat kejadian.

Selain temuan tersebut, ditemukan juga satu set pakaian dan beberapa barang pribadi milik korban, termasuk satu buah baju hitam, satu celana panjang biru navy, satu celana dalam coklat, serta beberapa butir obat bodrex.

Kapolres Kotabaru, AKBP Dr. Tri Suhartanto, yang diwakili oleh Kasi Humas Iptu Agus Riyanto, menyatakan bahwa penemuan mayat yang diduga akibat gantung diri dilaporkan sekitar pukul 23.00 Wita. "Berdasarkan keterangan dari beberapa saksi, motif gantung diri ini diduga karena korban mengalami depresi," ujarnya.

Saksi-saksi melaporkan bahwa sebelum ditemukan tergantung di rumahnya sekitar pukul 16.30 Wita, AP sempat meminta tolong kepada Anto untuk meminjam kawat pancing. Namun, saat Anto datang ke rumah sekitar pukul 19.30 Wita untuk memberikan kawat tersebut, AP tidak berada di rumah.

Ketika Anto datang lagi sekitar pukul 21.00 Wita bersama seorang temannya untuk mencari AP yang belum pulang, mereka menemukan bahwa AP masih belum kembali. Saat itu mereka juga hendak mengantarkan sebuah karung ke rumah yang belum selesai. Saat pukul 23.00 Wita, saksi Saifullah bersama kakak AP, Didi Susanto, pergi untuk mengambil karung tersebut.

Namun, saat mereka menerangi rumah dengan senter karena kondisi gelap, mereka menemukan AP dalam posisi tergantung di ruang tamu. "Kejadian ini kemudian dilaporkan ke Polres Kotabaru untuk proses lebih lanjut," tambahnya. 

Berita Terkini