Beruang Masuk Pemukiman, Warga Batola Ketakutan

Rabu, 5 Juni 2024 08:02
ilustrasi beruang hutan Kalimantan. (ist/heloindonesia) beruang Kalimantan

HELOINDONESIA.COM - Untuk kesekian kalinya, beruang liar kembali memasuki permukiman warga di Kecamatan Kuripan, Barito Kuala (Batola).

Penampakan mamalia tersebut kembali direkam oleh warga dan menyebar luas di media sosial. Salah satu rekaman diposting oleh akun Facebook Nasrullah Bakumpai, pada hari Selasa (4/6/2024).

"Diberitahukan kepada Bapak/Ibu Guru bahwa siswi ini terlambat. Kalau Mochtar Lubis menulis novel 'Harimau! Harimau!', maka siswa SMAN Kuripan yang hendak pergi ke sekolah akan menyebutnya 'Bahawang! Bahawang!' (Beruang! Beruang!)," tulis Nasrullah dalam keterangan unggahannya.

Dalam video terlihat beruang tersebut berjalan di tengah jalan desa. Merujuk pada keterangan unggahan, jalan tersebut menuju Desa Rimbun Tulang.

Tidak hanya satu beruang yang terlihat dalam video, namun dua ekor dan diperkirakan berukuran lebih dari 1 meter.

Karena beruang tersebut telah beberapa kali memasuki kawasan permukiman, unggahan Nasrullah pun mendapat banyak komentar. Mayoritas berharap agar instansi terkait mengambil tindakan.

"Mudah-mudahan ada tindakan dari pihak berwenang. Kasihan anak-anak yang harus pergi ke sekolah," komentar akun Aslinawati.

Sementara itu, ketika dihubungi secara terpisah, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan berjanji akan mengambil tindakan yang diperlukan.

"Saat ini kami sedang menyiapkan kandang jerat untuk menangkap beruang tersebut," ujar Jarot Jaka Mulyono dari Bagian Konservasi Keanekaragaman Hayati BKSDA Kalsel, Rabu (5/6/2024).

Kandang jerat yang dimaksud masih digunakan di lokasi lain, sehingga harus menunggu antrean untuk dipasang di Kuripan.

"Kami berusaha secepat mungkin menuju lokasi, begitu kandang jerat sudah berada di Banjarbaru," tambah Jarot.

Berita Terkini