KPU Pesawaran Minta Petugas Segera Tuntaskan Pantarlih

Jumat, 3 Maret 2023 17:10
Komisioner KPU Dody Afriyanto (Foto Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran, minta kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang progres persentase di bawah angka 80 persen untuk memaksimalkan kerjanya dalam mencoklit sesuai wilayah kerjanya masing-masing.

Salah satu Komisioner KPU Dody Afriyanto yang membidangi divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Pesawaran mengatakan, berdasarkan hasil jumlah persentase di masing-masing kecamatan, termonitor Kecamatan Way Lima dan Kecamatan Kedondong masih mengalami progres yang cukup rendah diantara kecamatan lainya.

"Selama 20 hari kerja ini, dua kecamatan tersebut persentasenya masih sangat rendah, makanya kami meminta kepada petugas Pantarlih dapat memaximalkan kerjanya dalam mencoklit. Dan juga keberhasilan pencoklitan ini perlu partisipasi semua elemen masyarakat untuk ikut mensukseskan kegiatan coklit yang dilakukan oleh Pantarlih," kata Dody, Jumat (3/3/ 2023).

Dikatakannya, berdasarkan data di Aplikasi E- Coklit update data 3 maret 2023 pukul 12.00 WIB, progres pencoklitan telah diangka 80,69 persen, dari hasil akumulasi coklit di 1.375  TPS yang tersebar di 148 Desa yang ada di kabupaten Pesawaran.

"Berdasarkan DP4 yang dijadikan bahan dalam melakukan pemutakhiran, pemilih kita mencapai angka sebanyak 347.835 pemilih, dari jumlah angka tersebut KPU Pesawaran saat ini sudah mendapat angka sebanyak 280.679 pemilih sesuai hasil laporan monitoring progres Pantarlih," ujarnya.

"Jadi daftar pemilih yang sedang dimutakhirkan oleh Pantarlih dalam Coklit ini, nantinya akan disusun dan dilakukan rekap oleh KPU Pesawaran yang dibantu oleh Pantarlih, PPS, PPK untuk menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS)," pungkasnya.

Diketahui rincian Progres Persentase dari masing-masing kecamatan selama 20 hari sebagai berikut.

1. Kecamatan Gedongtataan mencapai angka 71,8 persen.

2. Kecamatan Negeri Katon mencapai angka 79,6 persen.

3. Kecamatan Tegineneng mencapai angka 89,6 persen.

4. Kecamatan Teluk Pandan mencapai angka 75,6 persen.

5. Kecamatan Padang Cermin mencapai angka 96,9 persen.

6. Kecamatan Way Ratai mencapai angka 92,6 persen.

7. Kecamatan Way Lima mencapai angka 69,3 persen.

8. Kecamatan Kedondong mencapai angka 69,5 persen.

9. Kecamatan Way Khilau mencapai angka 92,3 persen.

10. Kecamatan Marga Punduh mencapai angka 83,7 persen.

11. Kecamatan Punduh Pidada mencapai angka 95,8 persen. (Rama)

Berita Terkini