Dua Mahasiswa USM Ikuti Lomba NUDC 2024, Junaidi Minta yang Lain Berkontribusi

Rabu, 8 Mei 2024 18:01
Ade
LOMBA: Yesa Tampubolon mahasiswa Prodi S1 Pariwisata USM dan Marcelynda Ladya Hartono, mahasiswa prodi S1 Ilmu Komunikasi USM menjadi wakil universitasnya di lomba NUDC 2024. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Dua mahasiswa Universitas Semarang (USM) mengikuti lomba National University Debating Championship (NUDC), baru-baru ini. Dua mahasiswa yang menjadi delegasi pada lomba ini adalah Yesa Tampubolon yang merupakan mahasiswa Prodi S1 Pariwisata USM dan Marcelynda Ladya Hartono, mahasiswa prodi S1 Ilmu Komunikasi USM. 

Kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi secara online melalui zoom meeting.

''Kami bangga dengan pencapaian Yesa dan Celyn yang mampu menjadi delegasi USM dalam mengikuti lomba tersebut. Panji-panji USM sudah dikibarkan oleh kedua mahasiswa kami,'' kata Wakil Rektor III, Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

Dia berharap, mahasiswa lain juga mampu berkompetisi dan berkontribusi untuk mengikuti berbagai ajang lomba seperti yang dilakukan Yesa dan Celyn yang mendapatkan penghargaan dan mengharumkan nama USM baik di tingkat wilayah sampai internasional.

Pembimbing

Mahasiswa USM ini didampingi oleh dosen pembimbing Adiprana Yogatama SS M Hum dan Hetty Catur Ellyawati SS M Hum.

Menurut Catur, sistem perlombaan yang akan diikuti oleh mahasiswa antara lain semua peserta mengikuti 9 babak penyisihan dan 4 babak eliminasi, matching peserta di babak penyisihan mengikuti aturan dalam System British Parliamentary.

Ada 28 ruangan dalam setiap babak penyisihan, masing-masing ruangan akan mempertemukan 4 tim.  ''CAP menggunakan sistem tabby cat untuk mengatur pertemuan tim di babak penyisihan, Terdapat dua divisi babak eliminasi yaitu Open-Draw dan Novice, dan Divisi Open-Draw akan mempertemukan tim terbaik berdasarkan akumulasi poin kemenangan dan akumulasi skor selama babak penyisihan,'' ungkapnya. (ADE)

Berita Terkini