Waykanan Dikepung Banjir, Jalan Provinsi Berubah Jadi Jalan Sungai

Senin, 1 Mei 2023 10:56
(Foto Screnshoot/Helo Indonesia Lampung) Adi menunjukan banjir yang memutus jalan provinsi

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Rutin sejak tahun '90-an, setelah hujan deras, Kabupaten Waykanan kembali dikepung banjir sejak Senin dini hari (1/5/2023). Rumah warga Desa Lembasung, dekat Kantor Bupati setempat untuk pertama kali ikut terkena banjir.

Bahkan, jalan provinsi di Desa Hanakau Jaya, Kecamatan Sungkai Utara, Kabupaten Lampung Utara menuju Kabupaten Waykanan putus hingga Senin pagi (1/5/2023) akibat meluapnya banjir bandang Sungai Tulungbuyut.

Jalan terputus akibat meluapnya banjir bandang di Kabupaten Waykanan (Foto Helo Indonesia Lampung)

Adi, warga Desa Hanakau memohon perhatian Pemprov Lampung atas seringnya jalan terputus akibat meluapnya Sungai Tulungbuyut. "Jalan provinsi ini selalu banjir karena antara jalan dengan sungai sejajar," katanya.

Dia berharap Pemprov Lampung meninggikan jalan agar tak terjadi banjir lagi yang mengakibatkan kemacetan parah, baik kendaraan mobil dan sepeda motor dari Waykanan maupun dari Lampung Utara.

Di Waykanan, beberapa titik, banjir juga menutupi jalan akibat meluapnya beberapa sungai setelah hujan deras. Banyak rumah warga tergenang banjir dan ada yang mencapai setinggi lutut orang dewasa.

Seorang warga Desa Lembasung meminta kepada Bupati Waykanan, Sekretaris Daerah, Kapolres, BPBD, Dandim dan instansi terkait untuk dapat meninjau dan memberikan bantuan kepada warga yang terkena banjir.

Resmen Kadapi, advokat yang tengah menangani kasus Mantan Rektor Unila Prof Karomani, mengatakan kabupaten asalnya itu telah dilanda banjir sejak tahun '90-an. Hingga saat ini, volume banjir semakin besar dan area yang semakin luas. (HBM)

Berita Terkini