Kapan Lebaran Idul Fitri, yang Pusing Bukan Pemerintah atau Ulama, Tapi Emak-emak

Kamis, 20 April 2023 17:04
Ilustrasi Idul Fitri. (foto: freepick)

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM ? Polemik soal perbedaan Idul Fitri masih ramai di publik.  Perbedaan yang akan merayakan Idul Fitri pada Jumat (21/4/2023) dan Sabtu hari berikutnya mengusik perhatian masyarakat. 

Dari berbagai perbincangan, akhirnya sampai kepada peran emak-emak, yakni sekarang tak sedikit yang pusing seakan harap-harap cemas. Jadi, kapan jadinya Lebaran Idul Fitri, yang pusing bukan pemerintah atau ulama, tapi emak-emak, kaum ibu yang jadi bingung, tidak tahu kapan harus memasak opor dan ketupat.

Sebab, pernah kejadian saat dulu juga ada perbedaan Idul Fitri. Ada yang menyebut di era Presiden SBY, kaum ibu alias emak-emak sudah rapih memasak opor dan ketupat, eh ternyata Lebaran idul Fitri masih hari berikutnya lagi. Basi deh tuh opor dan ketupat.

Hal seperti inilah yang menjadi perbincangan ramau juga di media sosial. Seperti postingan YK @YungKenReds tentang kaum ibu yang pusing, karena penentuan 1 Syawal belum jelas.

Opor dan ketupat, sajian khas di hari lebaran Idul Fitri. (Foto: freepick)

?Sebenarnya penentuan 1 syawal berbeda itu yg paling pusing itu bukan pemerintah dan ulama, tapi ibu2 yg gak tau kapan harus memasak opor dan ketupat,? tulisnya pada jam 4.30 AM, 20 Apr 2023.

?Sebuah salah kaprah yg membudaya.Tradisi orisinil lebaran ketupat itu harusnya H+7 baru bikin ketupat. Tapi ya namanya juga tradisi budaya tidak sakral, bisa berubah jadi hari-H seperti era modern sekarang. Yang sedih kalau opor mengalahkan ritual penentuan Idul Fitri,? tulis Ainun Najib @ainunnajib.

?Dihh ini bener bgt, pagi ini mak w motongin bawang sambil bingung mau dimasak skrg apa engga, takut abis klo ternyata lebaran sabtu,? tulis @bucinsetia1.

?Ingat dulu tragedi opor ayam era SBY?,? tulis  warganet aditya budi pratomo @aditya_bp. ?Jadi inget lebaran 2011 pas sd, yg lebarannya beda,? tulis @Kims11211

?Naah pernah nih udh Mateng semua tpi lebarannya masih besok besoknya wkwkwk emak ku ngomel Krna harus kepasar part2,? tulis @_naratna

?Iya bener banget emak gue Sampe telfon tukang lontong buat jelasin kalo ngirimnya ga hari ini ya besok intinya malem takbiran wkwk mana tukang lontongnya ga paham paham,? tulis warganet dengan akun @rex_ocplay.

?Bener. Ini bisa jadi peringatan keras buat pemerintah biar g bikin ibu2 pusing kapan harus belanja dan menentukan kapan beli ayam. Ganti hari harga naik emosyipun ikut naik,? ujar @lunazasqia.

?Ini gue sm emak abis dari pasar, beli daging tp kayaknya masaknya nunggu abis sidang isbat. udh dipotong? tinggal masak doang,? tulis warganet Mochi @trfbrl. (*)

( Winoto)

 

 

Berita Terkini