Putra Bungsu Wartawan Senior Itu Sukses Bekuk Pembobol ATM

Kamis, 20 April 2023 11:57
Putra bungsu wartawan senior Lampung saat menerima penghargaan dari tempatnya bekerja (Foto Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Senin (17/4/2023), tengah malam Bulan Ramadhan 1444 H, Ramaldo tengah dinas memastikan keamanan bank tempatnya bekerja lewat layar monitor CCTV di lantai tiga.

Putra bungsu wartawan senior Awaluddin (Media Merdeka) itu melihat rekannya, Cahyo menyapa dua orang yang mencurigai mendekati mesin ATM di lantai bawah. "Mau ngapain, Mas?" sapa Cahyo.

"Mau 'narik' (uang)," ujar pelaku inisial IW (30) asal Kabupaten Tanggamus sambil mengambil uang Rp1.250.000 dari mesin ATM dan pergi sambil mengeluarkan pisau dari Bank Mandiri Cabang Telukbetung, Kota Bandarlampung.

Cahyo seketika berteriak memanggil Ramaldo yang langsung naik sepeda motor mengejar kedua pembobol ATM dengan modus ganjal kartu mesin ATM.

Romaldo kelahiran 3 September 1999 dan baru bekerja sebagai keamanan bank tersebut delapan bulan sepuluh hari itu mengabaikan resiko menaklukan penjahat nekat yang menggenggam pisau.

Seorang pelaku melarikan diri dan Ramaldo fokus mengejar pembobol mesin ATM. IW berusaha mencelakakan Ramaldo dengan melempar sesuatu yang mengenai kepalanya.

Kegaduhan tersebut menarik perhatian warga sekitar lokasi, pelaku berhasil dibekuk Ramaldo dibantu warga. Dia juga berhasil menyelamatkan uang yang diambil pelaku dari mesin ATM.

Romaldo dan rekannya lalu menyerahkan proses hukum selanjutnya ke kepolisian. Disita pula dari pelaku, obeng, jarum, dan kawat, Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung Kompol Dennis Arya Putra, Rabu (19/4/2023).

Aparat kepolisian juga mengamankan pisau, sepeda motor matik, dan video CCTV ATM, dan uang Rp 1.250.000. Pelaku masih dalam tahap pemeriksaan setelah diobati lukanya di  Rumah Sakit Bhayangkara

Ramaldo belum lama bekerja di Bank Mandiri, delapan bulan 10 hari. Dia menjadi salah seorang personel keamanan Bank Mandiri Cabang Telukbetung, Kota Bandarlampung.

Atas prestasinya menggagalkan kejahatan, keduanya mendapatkan penghargaan dari PT bank mandiri Cabang Lampung. Rencana, setelah Salat Id 1444 H (2023), rencana, Kapolda Lampung akan pula menyerahkan penghargaan kepada kedua satpam atas keberanian mereka menggagalkan kejahatan.

Setelah mendapatkan penghargaan dr PT bank mandiri Cabang Lampung. Telah dihubungi Polda Lampung. Ramaldo Usai sholat id akan diberikan Penghargaan dari Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika.

"Sebagai orangtua, saya bangga punya putra yang berdedikasi dan berusaha menjalankan tugas sebaik mungkin," ujar Awaluddin, anggota PWI Lampung dan pengurus JMSI Lampung kepada "Helo Indonesia Lampung, Kamis (20/4/2023). (HBM)

Berita Terkini