Jelang Lebaran, Harga Sayur Turun, Daging yang Naik

Selasa, 18 April 2023 12:54
Pasar Gedongtataan (Foto Rama/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M, bahan pokok dan bahan pangan di pasar tradisional Gedongtataan Kabupaten Pesawaran mengalami penurunan harga. Sementara harga daging per kilogramnya terus melonjak naik.

Mbah Tuminah, salah seorang pedagang bahan pangan di pasar tradisional Gedongtataan mengatakan, saat ini harga bahan pangan semua normal, bahkan banyak yang mengalami penurunan.

"Lebaran tahun ini tidak ada kejutan mas, biasanya harga bawang, cabai, dan lainnya mengalami kenaikan harga. Namun di tahun ini justru harga masih stabil dan pengunjung makin sepi," kata Mbah Tuminah, Senin (17/4/2023).

Hal senada juga dikatakan Sarah, salah satu pedagang sembako di pasar tradisional Gedongtataan, saat ini harga bahan pokok justru mengalami penurunan.

"Beras sebelumnya diharga Rp120 ribu sekarang menjadi Rp105 ribu per 10 kg. Belum lagi telur, minyak, dan lainnya juga masih stabil harganya dan belum ada kenaikan sampai sekarang," kata Sarah.

"Kemungkinan harga ini ya sampai lebaran ini tetap segini dan tidak ada kenaikan atau penurunan lagi. Malah biasanya satu hari sebelum lebaran dagangan menjadi turun harga semua," tambahnya.

Sementara, Mang Kiwong pedagang daging mengatakan, harga daging saat ini masih terus mengalami kenaikan, bahkan kenaikan harga tersebut kemungkinan akan terus terjadi hingga lebaran.

"Untuk sekarang harga daging per kilogram masih Rp130 ribu, sebelumnya hanya Rp120 ribu per kilogram," katanya.

"Kemungkinan semakin dekat dengan lebaran, harga daging akan terus naik bahkan biasanya bisa sampai Rp170 ribu per kilogram," pungkasnya. (Rama)

Berita Terkini