Profil Ida Dayak, Disebut Sebagai Ahli Pengobatan Alternatif Patah Tulang dan Penyakit Berat

Sabtu, 8 April 2023 11:43
Ida Dayak saat mengobati tangan bengkok, konon dalam 7 menit bisa normal. (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM ? Nama Ida Dayak sudah begitu kondang, utamanya karena peran media social, dirinya diunggah dengan berbagai sebutan keahliannya di bidang pengobatan alternatif. Video-video aksi pengobatannya bertebaran.

Dari unggahan banyak pihak, salah satunya, memperlihatkan Ibu Ida Dayak sedang mengobati orang yang tangannya bengkok tidak karuan, kemudian diolesi obat cairan merah di botol. 

Ajaib, dalam 7 menit tangan bengkok-bengkok jadi normal setelah diurut-urut dan dielus-elus, dengan aksinya yang kadang menari.

Profil Ibu Ida Dayak, wanita asal Kalimantan ini memiliki nama asli Ida Andriani, ia sudah viral di media sosial. Ibu Ida Dayak disebut-sebut sebagai ahli pengobatan alternatif penyembuhan maslaah tulang, seperti tulang bengkok-bengkok, patah tulang dan penyakit berat psien.

Hasil penelusuran informasi yang dihimpun berbagai media, Ida Dayak diketahui memiliki nama asli Ida Andriani. Ia lahir di Pasir Belengkong, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur tahun 1972.

Pengobatan tradisional yang dijalankan oleh Ida Dayak yang ramai belakangan ini sebenarnya sudah sempat heboh pada 2021. Ia mengobati orang berkeliling dari satu pasar ke pasar lainnya, sambil menawarkan botol Minyak Bintang seharga Rp50.000.

Pertengahan Februari 2021, akun TikTok @Alvian2501 mengunggah video Ida Dayak yang sedang mengobati seorang pria yang tangan kanannya bengkok.

Saat mengoleskan Minyak Bintang pada pria tersebut, Ida Dayak kemudian merasakan adanya pen dalam tulang pria tersebut. "Masih juga bengkok biar ada pen," katanya sembari meluruskan tangan pria tersebut.

Soal berapa biaya untuk berobat padanya, Ida Dayak menyatakan gratis. Dia mengaku tidak memungut biaya. "Tidak usah bayar, gratis ya," kata Ida Dayak.

Unggahan video ini telah ditonton 35,5 juta kali dengan jumlah komentar sebanyak 30.000. Sejumlah media lokal kemudian memberitakannya. Sejak itu, video terkait pengobatan tradisional yang dilakukan Ida Dayak kerap mendapat komentar melimpah.

Kata Dayak Pada Nama Dirinya

Keahlian Ida Dayak, selain urusan patah tulang, pada video-video yang beredar, dia antara lain mengobati orang yang kesulitan bicara, membuat pengguna kursi roda dapat menggerakkan kakinya, urat kejepit, hingga mata rabun.

Soal nama, ada yang bertanya-tanya, apakah memang dari suku Dayak, atau cerita lain sehingga menyematkan atau disematkan kata Dayak itu.

Antropolog Universitas Mulawarman Martinus Nanang mengatakan, kalau warga Kabupaten Paser cenderung mengakui dirinya sebagai etnik Paser yang terpisah dari Dayak.

"Ibu Ida ini bisa saja lahir di Paser. Saya nggak tahu apakah dia lahir di Paser dari keluarga Pasernya atau orang luar yang lahir di Paser," katanya, dikutp dai media online bbc.

Kalau mencermati motif pakaian dan aksesoris yang digunakan Ida Dayak, "bukan motif etnik Paser, melainkan etnik Dayak Kenyah atau kelompok Kayanic yang terdiri dari Kayan, Kenyah dan Bahau."

Kemungkinan, ungkap Martinus,  kata Dayak dipakai karena nilai jual lebih tinggi. "Kata Dayak itu memiliki nilai jual, eksotismenya itu yang dijual dengan kata Dayak itu," katanya.

Informasi lain, Ida Dayak adalah seorang muslimah. Ida Dayak mengaku dirinya sebagai seorang muslimah. Ini terungkap dari ucapannya sendiri dalam sebuah potongan video.

"Sesuai agama saya, saya Islam, saya Muslim, saya mulai pengobatan ini dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim," ujar Ida Dayak yang berusia 51 tahun ini.

Soal minyak yang digunakan untuk mengolesi dalam pengobatannya, juga mencuri perhatian masyarakat. Ada yang menyebut menggunakan Minyak Bintang.

Saat pengobatan, Ida Dayak akan melakukan ritual menari, memakai pakaian tradisional, sambil mengurut pasiennya dengan minyak merah yang disebutnya sebagai 'Minyak Bintang'. 

Minyak Bintang konon sudah dikenal lama oleh Suku Dayak Kalimantan sebagai obat tradisional yang digunakan turun menurun.

Dalam video pengobatan yang dilakukan Ida Dayak, diketahui dia tidak memungut biaya apapun untuk pasiennya. Ida mengklaim dirinya sudah biasa berpergian keliling Indonesia untuk mengobati pasien.

Mengobati Jenderal

Ahli pengobatan alternatif Ida Dayak beberapa kali melakukan pengobatan alternatif undangan para pejabat atau tokoh. Salah satunya undangan ke rumah Letjen (Purn) AM Hendropriyono. Ida Dayak juga pernah melakukan pengobatan di Denpom Divif 1 Kostrad untuk Masyarakat Wilayah Bogor pada tanggal 26-28 Maret 2023 lalu.

Dan yang terbaru, Ida Dayak melakukan pengobatan alternatif pada tanggal 3-4 April 2023 di GOR Divif 1 Kostrad tapi kemudian dibatalkan karena terlalu banyak yang berobat. (*

(A Winoto)

Berita Terkini