Ketua DPRD Pringsewu Giring agar Cuma Adi Erlansyah Calon Penjabat Bupati, Fraksi Lain Punya Calon Lain

Rabu, 5 April 2023 05:24
Rohmansyah (Foto Randy/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM --  Ketua Fraksi Gabungan DPRD Pringsewu Rohmansyah tak setuju cuma Adi Erlansyah yang diusulkan jadi penjabat bupati. "Kami juga punya nama yang lebih pantas memimpin setahun kedepan," katanya.

Fraksinya yang terdiri dari Partai NasDem dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) melihat ada upaya dari Ketua DPRD Suherman menggiring agar iparannya Gubernur Arinal Djunaidi tetap menjadi penjabat bupati hingga Pemilu 2024.

"Ini tahun politik, penjabat bupati harus fokus ke program prorakyat," katanya kepada "Helo Indonesia Lampung", Selasa (4/4/2023). Apalagi, katanya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menghendaki tiga nama calon.

Jangan main giring-giring hanya mengusulkan Adi Erlansyah. Rohman mengaku kecewa atas cara-cara Suherman dalam rapat pimpinan fraksi terkait pembahasan berakhirnya masa jabatan Penjabat Bupati Adi Erlansyah, Senin (3/4/2023)

Rohman menilai pengambilan keputusan yang dilakukan oleh  Suherman terkesan terburu buru, harus diwacanakan kembali agar banyak pilihan penjabat bupati, lebih dari satu.

"Karena pimpinan hanya memberi waktu beberapa jam dan menggiring teman-teman menghadap Penjabat Bupati," sesal Rohman. Seharusnya pimpinan DPRD memberikan ruang kepada masing-masing fraksi untuk mengusulkan calon penjabat bupati.

"Siapa yang layak untuk memimpin Pringsewu selama satu tahun kedepan, itu yang akan usulkan oleh masing-masing fraksi," ujarnya.

Sebagai Ketua Fraksi Gabungan yang memiliki hak untuk memberikan rekomendasi calon, Rohmansyah mengatakan proses pengusulan calon penjabat bupati menimbulkan tanda tanya karena terkesan buru-buru.

"Kami ada hak untuk mengusulkan lebih dari satu nama. Karena menurut Fraksi kami ada yang layak juga untuk menduduki posisi tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi Gabungan Johan Arifin menuturkan, tahun 2023-2024 merupakan tahun politik. Ia berharap penjabat bupati harus netral dan fokus dengan program prorakyat.

"Pembangunan insfrastruktur dan perekonomian masyarakat, belum pulih. Kita ingin mewujudkan Pringsewu lebih baik lagi," tukasnya. (Randy)

Berita Terkini