Bupati Dendi Minta Musrenbang Telukpandan Prioritaskan Penurunan Stunting

Kamis, 23 Februari 2023 18:13
Bupati Dendi Ramadhona saat Musrenbangcam Telukpandan 2024 (Foto Rama)

Musrenbangcam Telukpandan 2024, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona memprioritaskan bidang kesehatan, terutama dalam percepatan penurunan stunting untuk menjaga pertumbuhan anak dari tingkat TK sampai tingkat SD.

"Program stunting harus selaras mulai dari tingkat provinsi, kabupaten, krcamatan, sampai desa," katanya pada pembukaan Musrenbangcam Telukpandan 2024 di Balai Desa Hanura, Kamis (23/2/2023).

Musrembangcam itu sendiri dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Pesawaran Tahun 2023.

"Pembangunan insfrastruktur jalan penting, namun sekolah, kesehatan masyarakat, dan jembatan rusak itu lebih penting. Musrenbangcam untuk menilai mana yang perlu diprioritaskan," katanya.

"Hari ini  kita kembali berkumpul setelah tiga tahun vakum akibat pandemi Covid-19. Musrenbangcam bisa dilakuka daring, tapi saya rasa kurang afdol, lebih baik bertemu langsung," ujarnya.

Menurutnya, perencanaan itu sangat penting tapi tidak semua bisa direalisasikan karena jumlah anggaran yang terbatas. Karenanya perlu musyawarah, agar prioritas pembangunan bisa didahulukan. Musyawarah harus dilakukan secara berjenjang dari tingkat RT, Desa sampe tingkat Kabupaten .

"Saya menginginkan warga meningkatkan pendidikan anak sampai ke bangku kuliah. Indeks pendidikan anak Telukpandan hanya sampai 12 tahun, masih rendah minat anak-anak kuliah," katanya.

Dendi berharap para orangtua mendukung anak-anaknya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pemkab berkerjasama dengan Institut Diniyah Lampung (Instidla) Kabupaten Pesawaran mendukung hal itu.

Pesawaran punya sekolah tinggi yang memiliki empat mata kuliah yang dibutuhkan secara global dan selolah tersebut memiliki beasiswa untuk anak yang berprestasi, tuturnya.

"Kepada Bapak Ibu yang mau menyekolahkan anak ke jenjang yang lebih tinggi bisa dikuliahkan di kampus tersebut, selain meningkatkan kapasitas SDM, kita juga demi mewujudkan program satu desa satu sarjana," pungkasnya. (Rama)

Berita Terkini