Kilang Minyak Pertamina Dumai Meledak, Politisi PKB: Pak Ahok Kerjanya Apa Ya?

Senin, 3 April 2023 14:12
Kawasan kilang minyak Pertamina Dumai di Riau. (Foto: googlemaps)

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM ?  Deretan kecelakaan PT Pertamina bertambah lagi. Terakhir, adalah kecelakaan kilang minyak Pertamini Dumai  meledak, pada Minggu 2 April 2023. Kilang itu berada di Dumai, Riau.

Kejadian kilang minyak Pertamina Dumai meledak ini mendapat perhatian kalangan DPR, sebab baru saja bulan lalu, pada 3 Maret 2023 baru saja Depo Pertamina Plumpang meledak, dan menimbulkan banyak korban jiwa. Karena itu, kalangan DPR menyoroti kinerja Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina Basuki Tjahya Purnama alias Ahok.

Politisi PKB Syaikhul Islam sangat menyayangkan kecelakaan ini bisa terjadi betubi-tubi. Dia mempertanyakan kerja Ahok selaku komut. ?Kita pertanyakan kerjanya Komisaris Utama, kerja Pak Ahok, sebagai wakil dari pemegang saham (BUMN),?ujar  Syaikhul Islam yang juga anggota Komisi VII DPR itu.

Syaikhul Islama memaparkan, dalam lima tahun ke belakang, di bawah kepemimpinan Ahok, unit bisnis Pertamina di dalam negeri mengalami rentetan kecelakaan kerja. 

Mulai dari kebakaran kapal di Teluk Balikpapan (Maret 2018), kebakaran Kilang Pertamina Balongan (Maret 2021), Kilang Cilacap (November 2021), Kilang Pertamina Balikpapan (Maret 2022), kebakaran Depo Pertamina Plumpang (Febuari 2023) hingga yang terakhir ledakan di Kilang Dumai Riau (Maret 2023). 

Ia  heran mengapa perusahaan nasional yang mendunia bisa memiliki track record manajemen resiko yang sangat buruk. ?Pak Ahok kerjanya apa ya?? ujarnya.

Untuk diketahui, Pertamina sebagai perusahaan pelat merah itu punya portofolio yang baik, juga merupakan perusahaan multi nasional yang membangun jejaring bisnis tidak hanya di Indonesia.

Pertamina punya jaringan bisnis di beberapa negara lain seperti Aljazair, Malaysia, Irak, Kanada, Prancis, Italia, Namibia, Tanzania, Gabon, Nigeria, Kolombia, Venezuela bahkan hingga ke Angola. Akuisisi dan pengelolaan lapangan migas overseas dilakukan PT Pertamina Internasional EP untuk memenuhi kebutuhan domestik. 

Politisi di Fraksi PKB itu sangat menyayangkan kecelakaan ini bisa terjadi betubi-tubi. Ia mempertanyakan kesiapan Pertamina yang kini dipimpin Ahok. ?Pak Ahok kerjanya apa ya? Atau jangan-jangan Pak Ahok sudah kerja tapi gak digubris sama Direksinya?" katanya. (*)

(A Winoto)

Berita Terkini