Alasan Rugi, Bus Angkutan Umum yang Dikelola Pemkot BL "Tidur"

Senin, 3 April 2023 09:48
Bus-bus yang dikelola Pemkot Bandarlampung untuk melayani transportasi masyarakat. (Foto Hajim/Helon Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Bus angkutan umum yang Pemkota Bandarlampung tidak melayani penumpang lagi dengan alasan rugi. Bus rute Tanjungkarang-Telukbetung dan Tanjungkarang-Itera.

PO Puspa Jaya sudah menarik busnya yang melayani penumpang rute Tanjungkarang-Itera sebulan. Sebanyak 10 bus milik Pemkot Bandarlampung yang diserahkan pengelolaannya ke Koperasi Ragom Gawi juga sudah tidur panjang.

"Ada dua bus yang dioperasikan rute Tanjungkarang-Itera telah ditarik kembali oleh pengelolanya," kata Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Iskandar Zulkarnain kepada "Helo Indonesia Lampung, Sabtu (1/4/2023).

Mungkin, katanya, tidak ada penumpangnya, paling cuma 4-6 orang, sementara biaya perawatan dan BBM mahal. Setiap penumpang dikenakan ongkos hanya Rp5 ribu rute Tanjungkarang-Itera dan sebaliknya.

Iskandar Zulkarnain sudah membicarakan hal ini dengan pengelola Bus Puspa Jaya untuk kembali beroperasi menarik penumpang, termasuk 10 bus milik Pemkot Bandarlampung.

Koperasi Ragom Gawi dari 10 armada bus, sempat hanya tiga armada yang mengangkut penumpang, tapi sekarang sudah tidak lagi, biaya operasional dengan tarif sangat jauh untuk menunjang kelangsungan bus.

Walau ongkosnya hanya Rp 2 ribu per penumpang, masyarakat lebih memilih ke aplikasi Gojek atau sejenisnya. 'Terpaksa bus itu sekarang digunakan untuk keperluan  masyarakat yang ingin menyewa untuk pariwisata," tukasnya

Di era Wali Kota  Herman HN,  Pemkot Bandarlampung menerima bantuan 10 bus dari Kementerian Perhubungan,  Senin (3/12/2018). Bus-bus tersebut mulai beroperasi pada Januari 2019 namun kembali terhenti karena adanya pandemi Covid-19.

Sesuai arahan Wali Kota Eva Dwiana selaku ketua Satgas Covid-19, seluruh kegiatan yang memiliki potensi terjadinya penularan Covid-19 agar dihindari terutama fasilitas publik, salah satunya angkutan umum. (Hajim)

Berita Terkini