Helo Indonesia

Pemkab Pesawaran MoU dengan BPP Lampung Sekaligus Terima Bibit Kakao

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Senin, 25 September 2023 15:15
    Bagikan  
Pemkab Pesawaran MoU dengan BPP Lampung Sekaligus Terima Bibit Kakao

Bupati Dendi dan BPP Lampung tanda tangan kerja sama (Foto Humas/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Provinsi Lampung, sekaligus penyerahan bibit kakao secara simbolis kepada kelompok tani.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di Kabupaten Pesawaran secara optimal melalui pendidikan, pelatihan, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu pengetahuan.

"Sesuai misi Kabupaten Pesawaran ke empat yaitu untuk meningkatkan pembangunan ekonomi dan memperkuat perekonomian daerah, prioritas pembangunan pertanian di Pesawaran saat ini tidak hanya fokus kepada tanaman pangan semata, tetapi juga hortikultura, perkebunan, dan peternakan," kata Dendi, di Desa Gedung Dalom Kecamatan Waylima kabupaten setempat, Senin (25/9/2023).

Menurutnya, pembangunan pertanian harus dilakukan secara berkesinambungan, terus menerus dan bersinergi dengan sektor lainnya. Namun untuk meningkatkan produksi pertanian sendiri, masih banyak yang harus kita benahi, dan salah satu yang menjadi hal penting yaitu sumber daya manusia (SDM) yaitu petani.

Baca juga: Warga Anak Tuha Mulai Mengurus Tali Asih dan Izin Panen

"Oleh karenanya, petani selaku SDM pengelola pertanian harus mendapat arahan, pendampingan dan motivasi guna meningkatkan produktivitas pertanian," ujarnya.

Dendi menyampaikan terima kasih kepada Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung atas kesediaannya untuk bekerjasama dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di bidang pertanian.

"Saya berharap, penandatanganan MoU ini tidak sekedar seremoni belaka, tetapi lebih dari itu nantinya diharapkan ada tindaklanjut yang bermanfaat, ada komunikasi yang terus-menerus dan ada langkah riil, sehingga dapat terwujud SDM Pertanian yang unggul dan berkualitas," kata dia.

Ia menuturkan, komoditas unggulan Kabupaten Pesawaran dari sektor perkebunan adalah tanaman Kakao dengan luas areal 25.829 Ha dan merupakan luasan areal kakao terbesar se-Provinsi Lampung.

"Kalau permasalahan utama yang dihadapi oleh petani perkebunan saat ini adalah rendahnya kualitas produksi perkebunan, akibat dari usia tanaman kakao yang sudah tua, sehingga perlu dilakukan peremajaan tanaman kakao. Maka, dengan adanya peremajaan tanaman kakao diharapkan produksi kakao dapat optimal dan berdampak pula terhadap nilai ekonomi komoditas kakao," tuturnya.

Baca juga: KPU Akan Siapkan TPS Ramah Bagi Kaum Disabilitas

"Peremajaan kakao tahun 2023 ini adalah seluas 100Ha yang tersebar di Kecamatan Gedongtataan, Teluk Pandan, Wayratai, Waylima, Kedondong, Padang Cermin, Marga Punduh, Punduh Pedada dan Negerikaton. Peremajaan kakao ini merupakan program berkelanjutan dari tahun-tahun sebelumnya yaitu peremajaan kakao 100 Ha pada tahun 2022 dan peremajaan kakao 300 Ha pada tahun 2021," sebutnya.

Sementara, Kepala BPP Provinsi Lampung, Abdul Roni Angkat mengatakan, kedatangan di Kabupaten Pesawaran untuk mensupport Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dalam sektor pertanian.

"Tak hanya dari kementerian pusat saja yang ikut mensupport ini, tetapi ada dari pihak swasta dan dari kawan-kawan penyuluh pertanian. Jadi kita bersama-sama tunjukkan bahwa Kabupaten Pesawaran ini merupakan penghasil kakao nomor satu di Lampung," pungkasnya. (Rama)